SOLOPOS.COM - Pengunjung bermain air di waterboom Taman Wisata Umbul Madiun, Jumat (4/8/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Wisata Madiun, Taman Wisata Umbul Madiun akan diperluas 2018.

Madiunpos.com, MADIUN — Taman wisata Umbul Madiun atau Madiun Umbul Square akan mulai dikembangkan pada tahun 2018. Berbagai wahana wisata akan dibangun dan lahan wisata akan diperluas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Divisi Umum dan Pemasaran Madiun Umbul Square, Agus Mahendra, mengatakan lahan Madiun Umbul Square seluas 5 hektare. Namun, saat ini lahan yang dimanfaatkan baru 2 hektare.

Ekspedisi Mudik 2024

Ada berbagai wahana yang akan dibangun pada pengembangan tempat wisata andalan Kabupaten Madiun ini. Beberapa wahana yang akan dibangun yaitu rumah hantu, rumah kaca, arena gokar, lorong sejarah, dan miniatur candi. Selain itu, nantinya gerbang masuk akan lebih didekatkan di jalan raya sehingga lokasi tempat wisata itu akan terlihat.

“Kalau selama ini kan gerbangnya masuk ke dalam, tetapi nanti akan dibangun dekat di jalan raya. Supaya lebih kelihatan gerbangnya,” jelas dia saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/8/2017).

Untuk lorong sejarah, kata dia, konsepnya yaitu berisi perjalanan sejarah Madiun seperti saat Madiun di bawah Mataram. Ini sebagai pembelajaran sejarah bagi pengunjung yang datang ke tempat wisata itu. Seluruh pengunjung akan masuk ke lorong sejarah itu sebelum ke tempat wisata.

Saat ini wahana yang ada di Taman Wisata Umbul ini ada beberapa yaitu waterboom, komedi putar, taman lampion, kora-kora, dan lainnya. “Luas lahan waterboom itu seluas 1.600 meter persegi. Itu kalau pada momen-momen tertentu sangat penuh,” ujar dia.

Agus menyampaikan lahan parkir juga akan dibangun di lokasi wisata karena selama ini lahan parkir sangat minim di Taman Wisata Umbul. Direncanakan luas lahan parkir yang akan dibangun yaitu sekitar 3/4 hektare.

“Selama ini lahan parkir kan sangat terbatas. Kalau pas waktu ramai, itu menggunakan jalan raya untuk parkir,” terang dia.

Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan dan pengembangan lokasi wisata itu senilai Rp16 miliar. Pihaknya baru mengajukan ke Pemkab Madiun untuk pembangunan lokasi wisata itu.

Pembangunan dan pengembangan wisata di Umbul Madiun Square itu direncanakan mulai dikerjakan 2018 dan selesai 2020. “Saat ini DED sudah selesai. Tinggal menunggu anggaran turun, rencananya 2018 sudah bisa mulai dikerjakan,” terang Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya