Tutup Iklan

WISATA MADIUN : Ini Daftar 19 Bangunan Kuno di Kota Madiun Diusulkan Jadi BCB

WISATA MADIUN : Ini Daftar 19 Bangunan Kuno di Kota Madiun Diusulkan Jadi BCB

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas penumpang di Stasiun Madiun. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Wisata Madiun, sebanyak 19 bangunan di Kota Madiun akan diusulkan menjadi benda cagar budaya.

Solopos.com, MADIUN — Sebanyak 19 bangunan kuno peninggalan zaman penjajahan Belanda yang tersebar di Kota Madiun akan diusulkan sebagai benda cagar budaya. Dengan demikian, bangunan-bangunan tersebut akan terjaga keasliannya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Madiun, Agus Purwowidagdo, mengatakan bangunan-bangunan kuno di Kota Madiun sebagian besar adalah peninggalan era kolonial. Bangunan itu mayoritas bercorak Eropa, Jawa, dan Tionghoa.

Menurut dia, bangunan-bangunan kuno tersebut bakal dirawat dan bisa menjadi daya tarik wisatawan. “Kota Madiun layak dijadikan destinasi wisata sejarah. Di sini banyak bangunan kuno,” jelas dia, Jumat (2/3/2018).

Belasan bangunan kuno tersebut tersebar di tiga kecamatan yang ada di Kota Madiun. Berikut 19 bangunan kuno yang akan diusulkan sebagai benda cagar budaya :

Kecamatan Manguharjo :
1. Gereja Protestan Indonesia Barat Gamaliel Madiun. Gereja ini beralamat di Jl. Mawar No. 10, Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Bangunan yang berdiri di lahan seluas 643,4 meter persegi ini diperkirakan didirikan pada 30 Agustus 1908.

2. Kompleks Bakorwil Madiun. Bangunan ini berada di Jl. Pahlawan, Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Pada masa Hindia Belanda, rumah megah bergaya Indische Empire tersebut menjadi rumah dinas Residen Madiun.

3. Kompleks Gereja Santo Cornelius. Bangunan ini berada di Jl. Pahlawan, Kelurahan Pangongangan. Madiun merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang sejak lama menjadi tempat bagi komunitas pemeluk Katolik. Pada tahun 1859, kota ini merupakan bagian dari stasi baru yang dibentuk di Ambarawa.

4. Kompleks Santo Bernardus. Berada di Jl. Ahmad Yani Nomor 7, Kelurahan Pangongangan. Keberadaan biara ini bermula pada tahun 1914. Saat itu seorang pastor bernama B.G. Schweitz SJ berkeliling dan membawa anak-anak telantar ke Madiun. Dia sana mereka ditempatkan dekat pastoran dan diasuh oleh Ny. CH. Van Zwieten dan Ny. B.D Haenens.

5. Rumah Kapitan Cina. Bangunan seluas 781,9 meter persegi ini berada di Jl. Kolonel Marhadi, Kelurahan Nambangan Lor.

6. SDN 05 Madiun Lor. Bangunan ini berada di Jl. Jawa No. 20, Kelurahan Madiun Lor.

7. SMP 1 Kota Madiun. Bangunan seluas 6.660 meter persegi itu berada di Jl. Mastrip No. 19, Kelurahan Manguharjo.

8. SMP 3 Kota Madiun. Bangunan yang berdiri di lahan seluas 742,6 meter persegi ini ada di Jl. RA. Kartini No. 6, Kelurahan Madiun Lor.

9. SMP 13 Kota Madiun. Bangunan di lahan seluas 7.365 meter persegi ini berada di Jl. Sumatera No. 13, Kelurahan Madiun Lor.

10. Stasiun Madiun. Bangunan ini berada di Jl. Kompol Sunaryo, Kelurahan Madiun Lor.

Kecamatan Kartoharjo :
11. Balai Kota Madiun. Bangunan berdiri di lahan seluas 1.267,3 meter persegi di Jl. Pahlawan No. 37, Kelurahan Kartoharjo.

12. SDN 01 Kartoharjo, berdiri di lahan seluas 353,4 meter persegi dengan alamat Jl. Jawa No. 20, Kelurahan Kartoharjo.

13. SDN 02 Kartoharjo. Bangunan ini berdiri di lahan seluas 1.518 meter persegi di Jl. Sulawesi No. 20, Kelurahan Kartoharjo.

Kecamatan Taman:
14. Klenteng Hwie Ing Kiong. Bangunan yang berdiri di lahan seluas 372,2 meter persegi ini berada di Jl. H.O.S. Tjokroaminoto No. 16, Kelurahan Kejuron.

15. Kompleks Pabrik Gula Rejoagung. Bangunan ini berada di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Kepatihan.

16. Menara Air Sleko. Bangunan ini berada di Jl. Kapuas No. 62, Kelurahan Pandean.

17. Rumah Keluarga Andi Wibisono. Bangunan berdiri di lahan seluas 648,6 meter persegi di Jl. Pandean, Kelurahan Taman.

18. Kompleks Rumah Dinas Pabrik Gula Rejoagung di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Kepatihan. Di kompleks ini ada sembilan rumah dinas.

19. SMA 1 Kota Madiun berada di Jl. Mastrip No. 19, Kelurahan Mojorejo.

Berita Terkait

Berita Terkini

Innalillahi, Sesepuh Dalang Klaten Ki Tomo Pandoyo Meninggal Dunia

Ki Tomo Pandoyo, 62, dalang asal Klaten meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ki Tomo dikenal sebagai sosok sesepuh para dalang Kabupaten Bersinar.

Dihadiri 300 Tamu, Hajatan Pernikahan Di Wisma Boga Solo Baru Sukoharjo Dibubarkan Paksa

Hajatan pernikahan di Wisma Boga, Solo Baru, Sukoharjo, dibubarkan Satgas Covid-19 Kecamatan Grogol, karena melanggar SE Bupati tentang PPKM.

Tabuh Genderang Perang, Petani Miri Sragen Bisa Basmi 26.516 Ekor Tikus

Sebanyak 1.150 petani di lima desa di Kecamatan Miri, Sragen, menabuh genderang perang melawan koloni tikus melalui kegiatan geropyokan yang digelar Minggu (20/6/2021) pagi.

Tinggal Sendirian, Seorang Perempuan Ditemukan Membusuk Di Kamar Indekos Sukoharjo

Seorang perempuan yang bekerja sebagai buruh dan tinggal seorang diri ditemukan membusuk di kamar indekosnya di Grogol, Sukoharjo.

Aktivis Sekolah Sungai Klaten yang Meninggal Dunia Pernah Dapat Penghargaan Dari BNPB

Aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 40, meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ternyata, Arif pernah menerima penghargaan dari BNPB.

Beredar Foto IGD Untuk Pasien Covid-19 RSUD Wonogiri Penuh, Cek Faktanya!

Foto ruang IGD pasien Covid-19 RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dalam kondisi penuh beredar di media sosial, faktanya?

Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini: Italia Vs Wales, Swiss Vs Turki

Piala Eropa atau Euro 2020 kembali bergulir pada Minggu (20/6/2021). Jadwal pertandingan menunjukkan duel Italia vs Wales dan Swiss vs Turki di Grup A.

KA Nusa Tembini Susuri Rute Jogja - Cilacap, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

PT Kereta Api Indonesia akan meluncurkan kereta api baru KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta pergi pulang (PP) pada 2 Juli 2021 mendatang.

Kronologi Penemuan Kerangka Mayat di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Warga menemukan kerangka mayat di hutan Gunung Pegat di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021), saat mencari ranting.

Ini Identitas Kerangka Mayat yang Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan di kawasan hutan Gunung Pegat tepatnya di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Yamaha Motor Punya Desain Klasik FZ-X Seharga Rp23 Juta

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan satu lagi varian klasik FZ-X berkpaitas mesin 150 cc seharga Rp23 juta untuk pangsa pasar India.

Gempar! Kerangka Mayat Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan warga di sekitar Gunung Pegat, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).