Tutup Iklan

Wisata Lembah Nirwana, Terasa Seperti di Surga

Lembar Nirwana di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menawarkan pengalaman wisata yang seru serasa seperti di surga.

 Pemandangan gemerlap bintang di Lembah Nirwana (Sumber: rri.co.id)

SOLOPOS.COM - Pemandangan gemerlap bintang di Lembah Nirwana (Sumber: rri.co.id)

Solopos.com, KENDAL — Desa Gondang yang terletak di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah memiliki potensi wisata yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kedal yang disebut sebagai Desa Wisata Percontohan. Anda bisa melihat keindahan gemerlap bintang di desa wisata yang satu ini, tepatnya di Lembah Nirwana.

Dilansir dari laman Instagram @liputan.kendal.terkini, Kamis (14/10/2021), sejumlah keindahan alam yang dimiliki dan menjadi unggulan di Desa Gondang ini adalah Curug Parleburgongso, Curug Cemara Kembar, Lembah Nirwana, Taman Sayur, dan Paket Kegiatan Wisata yang menawarkan penginapan serta penawaran pentas seni Mina Wisata

Kepala Desa (Kepdes) Gondang, Yudi Santoso mengaku bahwa aparatur desa setempat terus melakukan sejumlah langkah untuk mengembangkan sektor pariwisata di desa yang dia pimpin, Master Plan pengembangan Desa Wisata Gondang diciptakan dengan menyediakan paket liburan, baik bagi keluarga maupun komunitas.

Baca Juga: Nikmatnya Nyeruput Teh Hitam di Tengah Sejuknya Kaligua

Sementara itu, dilansir dari Rri.co.id, salah satu keunggulan wisata desa wisata percontohan tersebut adalah Lembah Nirwana yang menyuguhkan pemandangan gemerlap bintang di malam hari. Wilayah yang luasnya sekitar 2.000 meter persegi ini memberikan suasana cahaya lampu yang gemerlap  layaknya perkotaan dari bintang-bintang di langit.

Namun, untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas bintang-bintang di langit, pengunjung  bisa meminta petugas untuk mematikan lampu-lampu taman. Sedangkan waktu yang tepat untuk menikmati gemerlap bintang adalah antara bulan Juli dan Agustus karena periode bulan tersebut dikenal dengan masa transisi yang membuat udara sejuk dan langit cerah.

Pengunjung yang ingin menginap juga disediakan tiga bungalow yang disewakan disamping ada aula yang sederhana untuk acara reuni maupun acara keluarga. Lokasi wisata Lembah Nirwana memang sesuai namanya, yaitu terletak di tepi lembah yang curam sehingga dimungkinkan ke depan dikembangkan menjadi Wisata Petualangan bagi para pecinta alam.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Desa di Banyumas ini Mirip Sangeh Bali, Penasaran?

Dalam hal ini, Kepdes Yudi mendukung jika ada investor yang ingin mengembangkan wisata petualang dan untuk camping ground atau glamping serta wisata edukasi satwa dan fauna, karena potensi alam di desanya sangat memungkinkan.

Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung industri wisata alam  juga tidak ada masalah, melalui Pokdarwis( Kelompok Sadar Wisata) masyarakat setempat siap menyongsong Desa Gondang sebagai obyek wisata alam andalan.

Untuk menuju Desa Gindang ini, dari arah Semarang Barat menggunakan jalur Krapyak -Ngaliyan dan jalur Semarang Selatan bisa mengambil jalur Ungaran-Bandungan-Semowono-Boja Bantir


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Innalillahi! Bus Rombongan Warga Toroh Grobogan Nyemplung ke Sungai

Bus rombongan warga Desa Genengadal, Kecamatan Toroh terguling dan masuk sungai di Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, Grobogan.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Bus PO Sudiro Tungga Jaya jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kebakaran di tol Semarang-Solo, Bergas, Kabupaten Semarang.

Angkut 30 Penumpang, Bus Sudiro Tunggal Kebakaran di Tol Semarang-Solo

Gangguan mesin menyebabkan bus PO Sudiro Tunggal mengalami kebakaran saat melintasi tol Semarang-Solo, tepatnya di Kabupaten Semarang.

PLN Bagikan Gerobak Molis kepada UKM Jateng, Dorong Produktivitas Usaha

PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik (molis) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada pelaku UKM di Jateng untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Polres Kudus Gerebek Tempat Produksi Minuman Keras Jenis Arak

Jajaran Polres Kudus menggerebek tempat produksi minuman keras atau miras di sebuah gudang, di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Sidak Wali Kota Semarang Viral, Warganet Ramai Ikutan Usul Ini

Unggahan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan sidak di Kantor Kelurahan Bulusan, di akun instagram pribadinya mendadak viral.

Sejarah Vihara Buddhagaya Semarang

Vihara Buddhagaya di Semarang, Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang karena didirikan sejak 500 tahun lalu, tepatnya saat keruntuhan Majapahit.

Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung

Wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memiliki pesona wisata alam yang indah dan masih baru seperti Taman Posong.

Wisata Makam Apung di Pantai Sayung, Tak Tersentuh Air Laut

Demak memiliki objek wisata religi berupa makam apung milik Mbah Mudzakir yang konon tidak pernah terendam air laut meski terjadi gelombang tinggi.

Tragedi Berdarah! 5 Warga Slawi Tewas Diracun Dukun Pengganda Uang

Kisah tragis kali ini tentang tragedi berdarah yang merenggut lima nyawa warga Slawi akibat ulah dukun pengganda uang.

Banyak Tambang Ilegal di Merapi Rusak Lingkungan, Ganjar Pranowo Pusing

Gubernur Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat tidak sembarangan menerbitkan izin usaha penambangan karena banyak yang merusak lingkungan dan membuatnya pusing.

Kontroversi Gelar Kartini, Mestinya R. Ay Bukan RA, Begini Ceritanya

Gelar RA yang disematkan kepada Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia kurang tepat, karena dalam budaya Jawa gelar Kartini mestinya R.Ay.

Wisata Seru ke Wonosobo: Romantis, Eksotis & Magis

Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki sederet objek wisata alam yang romantis, eksotis, dan magis.

Daun Talas asal Jateng Diminati Pasar Luar Negeri, Ini Manfaatnya

Komoditas pertanian dan perkebunan asal Jawa Tengah atau Jateng, daun talas beneng, mulai diminati pasar luar negeri salah satunya Australia.

Angin Kencang Terjang Parakan Temanggung, Belasan Rumah Rusak

Bencana angin kencang atau puting beliung menerjang belasan rumah warga di Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng).