SOLOPOS.COM - Komandan SAR Parangtritis Ali Sutanto saat menunjukkan ubur-ubur yang menyerang pengunjung Pantai Parangtritis, Senin (20/7/2015) siang. (Harian Jogja/Arief Junianto)

Wisata lebaran di Pantai Gunungkidul harus waspada adanya ubur-ubur

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dalam lima hari libur lebaran 2015, total 561 wisatawan tersengat ubur-ubur.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Sekertaris SAR Korwil II Pantai Baron, Surisdiyanto mengatakan, pada sehari usai lebaran atau H+1 ada 27 orang yang tersengat ubur-ubur, pada hari ketiga lebaran (H+2) ada 10 orang, H+3 ada 204 wisatawan, H+4 sebanyak 103 wisatawan, dan hari ini hingga pukul 16.00 WIB ada 103 orang yang tersengat.

Surisdiyanto mengatakan sesuai SOP tugas SAR, mereka akan melakukan pemantauan hingga tujuh hari usai lebaran mendatang.

“Bulan ini  musim ubur-ubur, kita akan pantau terus. Pemantauan dilakukan menggunakan kapal patroli milik SAR Linmas Pantai Baron. Kami akan bergerak mulai dari Pantai Baron menuju Pantai Siung,” ungkapnya, Rabu (22/7/2015).

Dari hasil pantauan sementara yang sudah dilakukan, masih ada jutaan ubur-ubur yang mengapung di perairan pantai.

Sementara koordinator SAR Linmas Pantai Baron, Marjono mengatakan, angka korban sengatan ubur-ubur ini meningkat dibanding pada musim libur lebaran 2014 lalu.

“Tahun lalu hanya ada 56 korban, karena masih ada hujan sehingga tidak banyak ubur-ubur yang terbawa ke pantai dan menyengat wisatawan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya