SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dokumen)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Libur lebaran, pengelola wisata Gua Pindul menargetkan 18.000 pengunjung. Jumlah ini sengaja dibatasi demi keamanan pengunjung.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Bejiharjo, Subagyo mengatakan untuk mencegah terjadinya over kapasitas, rencananya tiap hari pengunjung dibatasi maksimal 2.000 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penerapan kebijakan ini kami terapakan hingga H+ 7 lebaran,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (29/7/2014).

Tak hanya jumlah pengunjung, sambung Bagyo pengelola akan menempatkan 15 orang petugas untuk mengawasi keamanan pengujung. Penempatan petugas ditempatkan di dalam area susur gua sepanjang 300 meter itu.

“Kami sudah melatihnya dan mereka sudah tahu detail area gua. Jadi, pengunjung tak perlu khawatir karena petugas dengan sigap akan memberikan bantuan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, mengenai pembatasan jumlah pengujung, pengelola sudah menyiapkan beberapa alternatif wisata di sekitar wisata Goa Pindul, seperti susur Sungai Oya.

“Kami tidak ingin pengunjung kecewa, untuk itu kami menyiapkan beberapa lokasi wisata lainnya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya