SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Kuloprogo menikmati keindahan pemandangan di Puncak Gunung Lanang, Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, pada Senin (15/6/2015) pekan lalu. (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani I.N.)

Wisata Kulonprogo di Gunung Lanang menawarkan pesona alam dari ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Jika anda berencana mengunjungi Gua Kiskendo di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, tidak ada ruginya mampir dulu ke Puncak Gunung Lanang. Objek wisata tersebut akan membius pengunjungnya dengan keindahan pemandangan dari ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Puncak Gunung Lanang terletak di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Tidak sulit menjangkau wisata alam ini karena posisinya yang berada di jalur jalan raya menuju Gua Kiskendo. Kondisi jalan yang harus dilalui pengunjung juga sudah relatif baik dan nyaman.

Pastikan stamina dalam keadaan baik jika ingin mengunjungi objek wisata yang baru saja diresmikan pada Senin (15/6/2015) pekan lalu ini. Sebab, ratusan anak tangga akan menggiring anda menuju puncak. Meskipun ada pagar pengaman di sepanjang perjalanan, pengunjung juga harus tetap berhati-hati dengan kondisi medan yang terjal.

Meski demikian, semua rasa lelah akan terbayar dengan pesona alam di Puncak Gunung Lanang. Pengunjung bisa melihat Kota Wates dari atas serta menikmati kegagahan Gunung Merapi dan Merbabu walau hanya dari kejauhan. Lokasi ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk menyaksikan keindahan terbit dan terbenamnya matahari.

Kawasan Puncak Gunung Lanang dikenal sebagai tempat bertapa bagi Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Gua pertapaan Kyai Lanang sendiri ada di dekat puncak, sementara lokasi ritual Nyi Rantam Sari ada di bawahnya.

Kepala Desa Jatimulyo, Anom Sucondro mengatakan, penataan kawasan wisata Puncak Gunung Lanang baru dilakukan selama empat bulan terakhir. Selain pembenahan akses jalan menuju puncak, pengelola juga membuat gardu pandang di beberapa titik.

“Dengan penambahan beberapa fasilitas, Puncak Gunung Lanang sangat layak jadi obyek wisata baru,” kata Anom, saat dikonfirmasi Harian Jogja, Jumat (26/6/2015).

Jam kunjung Puncak Gunung Lanang sebenarnya sekitar pukul delapan pagi hingga enam sore. Namun, pengunjung juga diperbolehkan bermalam atau berkemah di sekitar kawasan itu setelah mendapatkan izin dari pengelola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya