SOLOPOS.COM - Sejumlah wisatawan menaiki perahu untuk menikmati keindahan alam di sekitar Laguna Pantai Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Sabtu (9/7/2016). (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Kulonprogo di Pantai Glagah menyusut diperkirakan karena pemudik kelelahan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Angka kunjungan wisata Pantai Glagah pada libur lebaran kali ini dinilai cenderung menunjukkan grafik yang menurun dibanding tahun sebelumnya. Kemacetan yang terjadi di Tol Brebes Timur dianggap telah membuat pemudik kelelahan sehingga mengurangi antusias masyarakat berwisata.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Hal itu diungkapkan Agus, seorang petugas di tempat penarikan retribusi (TPR) Pantai Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Sabtu (9/7/2016). Dia mengatakan, pada Rabu (6/7/2016) lalu, jumlah pengunjung pantai andalan Kulonprogo itu hanya sekitar 460 orang.

Angka tersebuh jauh lebih sedikit dibanding lebaran hari pertama pada tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata mencapai lebih dari 1.000 orang.

Agus memaparkan, grafik pengunjung mulai naik signifikan pada pada Kamis (7/7/2016) kemarin, yaitu sekitar 3.700 orang. Meski belum seramai biasanya, jumlah pengunjung pada hari berikutnya tercatat lebih banyak dan mencapai 5.100 orang.

“Menjelang tengah hari, ini kira-kira sudah ada 2.500 orang. Biasanya lebih ramai setelah lewat dhuhur,” kata Agus, Sabtu siang.

Agus lalu mengatakan, retribusi yang dikenakan kepada pengunjung naik menjadi Rp5.000 per orang sejak libur lebaran ini. Hal itu sesuai Perda No.4/2016 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

Tarif serupa juga diterapkan kepada sejumlah obyek wisata lain yang dikelola Pemkab Kulonprogo. Namun, Agus tidak merasa jika kenaikan retribusi menjadi penyebab turunnya jumlah pengunjung Pantai Glagah.

Gelombang tinggi yang sempat membuat kawasan wisata tersebut terendam air laut juga dinilai tidak begitu berpengaruh, terlebih setelah surut dan mengering seperti sekarang.

Penyebab adanya kecenderungan angka kunjungan yang menurun justru diperkirakan karena kemacetan di Tol Brebes Timur pada arus mudik kemarin. “Kemungkinan orang-orang sudah terlanjur capai di perjalanan sehingga enggan berwisata,” ujar Agus kemudian.

Sementara itu, Kepala Seksi Obyek Wisata dan Sarana Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Kulonprogo, Kuat Tri Utama mengatakan, kunjungan wisatawan pada libur lebaran tahun ini ditargetkan setidaknya sebanyak 50.000 orang dari tujuh obyek wisata milik Pemkab Kulonprogo. Pantai Glagah sendiri masih diharapkan menjadi pemasok retribusi terbesar dengan target 70 persen dari total jumlah pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya