SOLOPOS.COM - Seorang pengunjung sedang mencoba wahana ayunan langit di bukit Watu Jaran, Dusun Sabrang Lor, Desa Purwosari, Girimulyo, Senin (26/6/2017). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Kulonprogo, Ayunan Langit laris manis

Harianjogja.com, KULONPROGO — Wahana wisata Ayunan Langit pada hari raya Idulfitri 2017 tutup, namun pada saat dibuka kembali Senin (26/6/2017), antrean pengunjung sudah mencapai 150 orang per hari, sejak H-2 lebaran.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Ketua Desa Wisata Purwosari, Kiswantoro mengatakan, tidak menutup kemungkinan saat ini masih ada pengunjung yang sudah memesan antrean tersebut, datang pada hari ini atau pada hari berikutnya. Mereka sebelumnya telah memesan kesempatan untuk berfoto sambil bermain ayunan, lewat jejaring internet dan WhatsApp pengelola desa wisata.

Pengelola membuat kebijakan, kendati pengunjung telah mengantre secara online, mereka harus memberikan kepastian jadwal kepada pengelola, kapan dan sekitar pukul berapa mereka akan datang ke Watu Jaran. Hal itu sebagai langkah antisipasi, apabila sudah banyak pengunjung baru yang datang, namun mereka yang memesan antrian tadi belum juga hadir di lokasi.

“Kalau tidak begitu nanti kacau. Tapi yang jelas, yang sudah mengantre online tadi, akan kami utamakan,” kata dia, Senin.

Selain itu, kebijakan ini dimaksudkan agar kehadiran pengunjung bisa menyesuaikan dengan lokasi wahana, yang tidak terlalu besar. Dan mengatur keberadaan pengunjung di sana, mengingat tak semua yang datang ke sana untuk menaikai ayunan, melainkan ada juga yang hanya berfoto dan melihat pemandangan di sana.

“Kebanyakan pengunjung yang datang itu wisatawan lokal, kalau asing baru beberapa. Kebanyakan Asia seperti Singapura dan Taiwan, kalau pengunjung dari Eropa belum banyak,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya