Kategori: Leisure

Wisata Kuliner Keliling Jawa Tengah


Solopos.com/BC

Solopos.com, JAKARTA--Indonesia tidak hanya memiliki keindahan alam yang surgawi. Negara kepulauan yang mempunyai lebih dari 1,300 suku dan juga lebih dari 500 kota ini menawarkan sangat banyak keragaman. Mulai dari keragaman bahasa hingga keragaman makanan khas.

Di pulau Jawa sendiri, ada sekitar puluhan bahkan ratusan makanan khas dari tiap-tiap kotanya. Jika Anda berencana untuk berlibur atau berwisata ke Jawa Tengah, jangan lupa untuk sekaligus mencicipi makanan khas dari kota yang Anda tuju.

Berikut adalah beberapa makanan khas di Jawa Tengah yang bisa menemani wisata kuliner Anda.

Lumpia (Semarang)

Makanan khas Semarang ini terbuat dari perpaduan masakan khas Jawa dan Tionghoa. Lumpia Semarang juga akrab dikenal dengan sebutan loenpia. Makanan khas ini dibuat dari rebung, ayam, udang, dan kulit tipis yang membungkus semuanya.

Baca Juga: KCI Luncurkan KMT KRL Edisi Solo, Ada Gambar Mangkunegaran Dan Tugu Pemandengan

Nasi Gandul (Pati)

Nasi Gandul yang awalnya berasal dari Desa Gajahmati ini berupa nasi yang diberi kuah yang berwarna kemerahan. Selain nasi dan kuah, Anda juga dapat memilih lauk yang Anda mau seperti jeroan, daging sapi, hingga lidah sapi. Yang berbeda dari Nasi Gandul adalah penyajian tempenya. Tempe yang dari luar bertekstur lebih keras dibandingkan dengan tempe lainnya, ketika dikunyah langsung hancur dan menyatu dengan lauk-lauk lainnya.

Nasi Grombyang (Pemalang)

Sekilas, nasi grombyang terlihat seperti rawon. Namun, masakan khas ini mengandalkan daging kerbau dengan kuahnya yang melimpah. Nama grombyang pun diambil dari penyajian kuah yang berlimpah (grombyang dalam bahasanya). Masakan khas kabupaten Pemalang ini diciptakan sekitar tahun 1960 an.

Mangut Beong (Magelang)

Satu lagi makanan berkuah yang tidak boleh Anda lewatkan ketika sedang berlibur ke kota Magelang adalah mangut beong. Beong adalah ikan endemik khas sungai Progo yang sedikit menyerupai lele. Masakan ini menggunakan bumbu-bumbu yang membuatnya terasa cukup pedas.

Baca Juga: Hotel Dengan Jacuzzi Di Jakarta

Getuk Goreng (Sokaraja)

Getuk Goreng adalah makanan khas Sokaraja yang terbuat dari cassava. Makanan ini sudah ada semenjak tahun 1918 dan ditemukan oleh penjual nasi keliling di daerah Sokaraja. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat getuk goreng hanyalah singkong dan gula Jawa.

Garang Asem (Grobogan)

Garang Asem adalah masakan berbahan dasar daging ayam yang disajikan dengan bumbu rempah dan nasi. Seperti namanya, rasa dari masakan khas Grobogan ini adalah asam pedas. Bahan-bahan yang digunakan untuk bumbunya adalah santan, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, serai, lengkuas, jahe, dan belimbing wuluh.

Masih banyak masakan khas di Jawa Tengah lainnya yang bisa Anda coba. Mulai dari makanan utama hingga makanan penutup yang manis. Tentunya road trip sambil berwisata kuliner akan memperluas wawasan Anda akan destinasi yang Anda tuju.

Supaya rencanakan road trip ke Jawa Tengah lebih mudah, gunakan aplikasi Traveloka untuk penuhi segala kebutuhan traveling Anda termasuk booking hotel terbaik di Jawa Tengah. Dengan memanfaatkan fitur Traveloka CleanAccommodation dari Traveloka, kamu juga bisa memilih kurasi mitra akomodasi Traveloka yang telah berkomitmen menjalankan standar serta protokol kesehatan dan kebersihan sesuai anjuran otoritas setempat untuk buat pengalaman menginap tak hanya nyaman tapi juga aman.

Jadi, sudah siap untuk cicipi ragam kuliner populer yang ada di Jawa Tengah?

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati