WISATA KLATEN : Malam Tahun Baru, Umbul Ponggok Gelar Atraksi DJ
Sejumlah pengunjung bermain di Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kamis (22/12/2016) pagi. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Wisata Klaten, pengelola objek wisata Umbul Ponggok menyiapkan aneka atraksi untuk menyambut libur akhir tahun.

Solopos.com, KLATEN -- Daya tarik wisata air Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Klaten, seakan tak pernah habis. Setiap hari, ratusan hingga ribuan orang berdatangan ke umbul yang terkenal dengan snorkeling air tawar serta foto bawah air tersebut.

Jumlah kunjungan meningkat saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Hal itu seperti libur menjelang Natal dan Tahun Baru kali ini. Sri Mulyono, salah satu pengelola umbul tersebut, mengatakan jumlah kunjungan pada musim libur menjelang Natal dan Tahun Baru kali ini meningkat 10-20 persen dibanding hari biasa.

Peningkatan itu terjadi sejak Senin (19/12/2016), bersamaan dimulainya liburan sekolah. “Kalau hari biasa itu kunjungan berkisar 400 orang. Untuk saat ini peningkatan jumlah kunjungan 10-20 persen dari kunjungan tersebut,” kata Sri Mulyono saat ditemui Solopos.com di Umbul Ponggok, Kamis (22/12/2016).

Meski ada potensi peningkatan jumlah pengunjung, pengelola tak lantas menaikkan harga tiket masuk. Tiket masuk ke umbul berukuran 25 meter x 50 meter dan kedalaman 1-3 meter tersebut tetap dipatok Rp15.000/orang. Setiap pembelian tiket masuk, para pengunjung mendapat snack yang merupakan produk usaha kecil menengah (UKM) desa setempat.

Selain itu, 2 persen dari harga tiket masuk disalurkan ke lembaga amal yang dikelola Desa Ponggok. “Biaya itu juga termasuk asuransi bagi setiap pengunjung,” ungkap Sri Mulyono.

Terkait libur Natal dan Tahun Baru, pengelola Umbul Ponggok lainnya, Gatot Jiwandono, mengatakan pengelola mempersiapkan sejumlah event. Pada perayaan Natal, Minggu (25/12/2016) mendatang, pengelola menyiapkan paket foto dengan properti terkait Natal. “Kami ada paket foto spesial Natal. Itu menggunakan properti-properti Natal seperti pohon Natal,” katanya.

Sementara itu, pada perayaan malam pergantian tahun, pengelola juga menyiapkan event dengan mendatangkan sejumlah grup band ke umbul yang dikelola Badan Usaha Milik (BUM) Desa Tirta Mandiri tersebut. “Kami juga datangkan female DJ Ajas untuk memeriahkan malam pergantian tahun,” katanya.

Tak hanya musik, pengelola juga menawarkan wahana snorkeling dan diving malam hari serta pesta kembang api saat pergantian tahun. Gelaran tersebut dimulai pada Sabtu (31/12/2016) pukul 20.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp20.000/pengunjung.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom