Tutup Iklan

Wisata Kedung Bening Pemalang, Suguhkan Pengalaman Seperti di Martvili Canyon Georgia

Kedung Bening yang berada di Desa Majalangu,  Kecamatan Watukumpul ini memberikan suasana Martvili Canyon versi mini.

 Wisata Kedung Bening Pemalang (Instagram/@kabarpemalang)

SOLOPOS.COM - Wisata Kedung Bening Pemalang (Instagram/@kabarpemalang)

Solopos.com, PEMALANG — Di Negara Georgia yang terletak di perbatasan benua Asia dan Eropa, terdapat tebing bebatuan atau ngarai yang dipisahkan  dengan aliran sungai yang sangat jernih. Mengutip situs Apa.gov.ge, Selasa (20/7/2021), ngarai ini dinamai Martvili Canyon Natural Monument yang beradai di Martvili Municipality, Provinsi  Samagrelo-Zemo Svaneti,Gerogia.

Dinding ngarai ini memiliki ukuran panjang 700 meter dan terdapat 2 jembatan dan 3 gardu pandang serta 30 anak tangga yang dibangun oleh kelompok besar penambang batu. Ngarai ini memiliki keindahan yang tiada tara, dimulai dari batu tebingnya yang masih alami dan aliran sungai yang kernih memberikan rasa tenang bagi pengunjung.

Untuk bisa menikmati suasana ngarai ini, tidak perlu jauh-jauh sampai ke Georgia karena di Pemalang, Jawa tengah, juga terdapat  wisata alam yang hampir serupa. Melalui laman Instagram @pemalang.hits, tempat bernama Kedung Bening yang berada di Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul ini memberikan suasana Martvili Canyon versi mini

Martvili Canyon, Georgia (1)
Martvili Canyon, Georgia (Instagram/@misskuzmina)

Baca Juga: Ganjar : Kebersihan RS Percepat Kesembuhan Pasien

Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dengan bermain air di sungainya yang jernih serta berswafoto ria. Berbeda dengan sungai yang lain, sungai yang ada di Kedung Bening ini bisa berubah warna menjadi hijau bening dari hijau biasa dikarenakan pengaruh reaksi mineral yang ada di dalamnya.

Kedung Bening atau telaga kecil ini terbentuk karena adanya proses erosi bebatuan oleh sungai dan air hujan yang kemudian membentuk sebuah cekungan dan seperti yang sudah disebutkan, saat musim kemarau warna air sungai bisa terlihat jernih karena reaksi mineral namun saat musim hujan tiba, warna air akan kembali keruh.

Tempat ini masih belum populer di kalangan masyarakat sehingga masih sepi pengunjung. Untuk masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya. Tidak puas dengan berengang di aliran cekungan air, pengunjung bisa untuk menantang adrenalin dengan meloncar dari atas bebatuan yang ada di sekitaran kedung atau ngarai ini.

Baca Juga: BUMDes Penggarit Angkat Potensi Desa Wisata Hutan Lindung

Wisata Kedung Bening di Watukumpul ini bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas minim di antaranya sebagai berikut – Area Parkir kendaraan – Mushola – Kamar mandi / MCK – Tempat Istirahat – dan masih ada lainya

Untuk bisa menuju ke kawasan ini, lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi dan mengikuti arahan yang ada di Google Map. Namun jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa mengambil bus/angkutan umum tujuan Kecamatan Watukumpul setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek menuju Desa Majalangu lalu berjalan kaki hingga sampai di lokasi Wisata Kedung Bening di Watukumpul Pemalang tersebut


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Adaro Tanam Pohon Durian di DAS Menoreh Magelang, Petani Sumringah

Perusahaan tambang batu bara PT Adaro Indonesia melakukan penanaman pohon di Perbukitan Menoreh, Borobudur, Magelang dalam rangka rehabilitasi DAS.

Video Mesum Pelajar Salatiga Viral, Polisi Periksa Empat Orang

Aparat kepolisian di Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) telah memeriksa empat orang terkait beredarnya video mesum yang diduga diperankan pelajar SMK di Salatiga.

Heboh! Viral Video Mesum 30 Detik, Diperankan Pelajar SMK di Salatiga

Viral sebuah video yang memperlihatkan perbuatan mesum yang diduga dilakukan pelajar sebuah SMK di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng).

Tanggul Sungai Jebol, Puluhan Rumah di Pati Tergenang Banjir

Puluhan rumah dan puluhan hektar sawah milik warga di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), tergenang banjir yang diakibatkan tanggul sungai jebol.

Digelontor 2 Ton Cat, Nepal Van Java Bakal Lebih Warna-Warni

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberikan bantuan 2 ton cat untuk mempercantik destinasi wisata Nepal Van Java di Kabupaten Magelang.

Pengumuman! Tak Ada Penyekatan Jalan ke Jateng saat Libur Nataru

Kepolisian Daerah Jawa Tengah atau Polda Jateng belum memastikan tidak ada penyekatan jalan atau akses masuk dan keluar wilayah Jateng saat masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti.

Wisata Baru Temanggung: Situs Liyangan, Peninggalan Mataram Kuno

Situs Liyangan peninggalan Kerajaan Mataram kuno merupakan wisata baru di kawasan Temanggung, Jawa Tengah.

Misteri Telaga Sunyi di Baturaden, Sering Jadi Tempat Bertapa

Telaga Sunyi di Baturaden memiliki aura mistis dan kerap dijadikan tempat pertapaan dari dulu sampai sekarang.

Carica, Buah Pepaya Unik Cuma Bisa Tumbuh di Dieng

Carica termasuk jenis buah-buahan yang berkerabat dengan pepaya, namun hanya di kawasan Dieng Plateau.

Suami Tusuk Istri Sampai Tewas, Lalu Bunuh Diri Saat Ditangkap

Kisah tragis kali ini tentang seorang pria yang membunuh istrinya, kemudian melarikan diri dan nekat bunuh diri saat hendak ditangkap polisi.

Menikmati Keindahan Alam di Sibajag Green Canyon, Berasa di Jepang Hlo!

Tempat ini unik karena terdapat jembatan bambu super panjang yang dihiasi pohon sakura khas Jepang. jembatan ini menjadi spot utama para wisatawan untuk berswafoto.

Rahasia Kelezatan Nasi Kropokhan, Santapan Favorit Sultan Demak

Nasi Kropokhan adalah makanan khas Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Makanan ini dipercaya sebagai menu favorit raja-raja masa Kesultanan Demak.

Mitos Pohon Walitis Raksasa, Bekas Tancapan Tongkat Ki Ageng Makukuhan

Nama Walitis berasal dari dua kata, yaitu wali dan titis yang berarti pohon tersebut adalah titisan seorang wali, tokoh penyebar agama Islam di Jawa.

Hujan dan Angin Kencang Landa Grobogan, Pohon Tumbang Timpa Rumah

Hujan deras disertai angin kencang melanda Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang ke jalan dan rumah.

Mantap! Ikut Vaksinasi, Warga Kudus Dapat Sepeda Motor

Vaksinasi berhadiah digelar di Kabupaten Kudus dengan hadiah berupa sepeda motor agar warga terdorong untuk menerima vaksin Covid-19.