Wisata ke Bromo Bareng Bupati Brebes, 10 Pejabat Kena Covid-19
Tes swab di salah satu kantor Pemkab Brebes (Detik.com)

Solopos.com, BREBES -- Berada dalam satu bus dengan Bupati Brebes saat tur ke Bromo dan Malang, Jawa Timur, 10 pejabat pemkab positif terpapar virus corona (Covid-19).

"Ini analisa saya, potensi penularan yang paling memungkinkan adalah saat di kendaraan. Karena kru dari bus kita lakukan rapid swab hasilnya reaktif," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes dr Sartono kepada wartawan, Senin (23/11/2020).

Sartono menyebut 10 pejabat Pemkab Brebes ini diduga tertular saat berada dalam satu bus tur ke Bromo dan Malang. Tur itu digelar selama tiga hari pada dua pekan lalu.

Sartono menyebutkan 10 pejabat Pemkab dinyatakan positif terjangkit Covid-19 berdasar hasil tracing keluarga Bupati Brebes, Jawa Tengah, Idza Priyanti.

Para pejabat Pemkab Brebes yang dinyatakan positif Covid-19 ini memang sempat ikut tur bersama Idza dan suaminya AKBP Warsidin yang dinyatakan positif Corona.

Kisah Jurnalis di Semarang yang Menderita dan Kehilangan Ayah Karena Covid-19

Sartono menjelaskan dari 10 pejabat pemkab yang positif Covid-19 setelah tur bersama Bupati Brebes, hanya ada satu orang yang menunjukkan gejala. Sedangkan sembilan lainnya orang tanpa gejala (OTG).

"Hasil lab-nya keluar Sabtu (21/1). Ada tujuh sekdin dan tiga pejabat pengiring yang positif," ujar Sartono dilansir dari Detik.com.

Sartono menerangkan sembilan orang pejabat Pemkab Brebes yang OTG menjalani isolasi mandiri. Sedang satu orang, yakni Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Brebes Sumanta. Sumanta yang ikut tur bersama Bupati Brebes kini dirawat di RSUD setempat.

"Sembilan orang sekarang isolasi mandiri. Hanya satu yang dirawat," jelas Sartono.

Dikagetkan Gemuruh Gunung Merapi, Warga Balerante Klaten Keluar Rumah

Suami Bupati

Sebelumnya diketahui, suami dan dua anak kembar Bupati Brebes Idza Priyanti terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19). Ketiganya diketahui positif Corona setelah diperiksa pada Rabu (11/11).

Sartono menjelaskan Bupati Brebes bersama suaminya, AKBP Warsidin, sempat ke Bromo dan Kota Malang. Mereka pergi bersama para sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Rombongan berangkat menggunakan bus dan beberapa kendaraan dinas pengiring pada Sabtu (7/11) dan mereka pulang pada Senin (9/11).

Pemprov DKI Jakarta Perpanjang Lagi PSBB Transisi

Sepulang dari Jawa Timur, Bupati Brebes melepas dua santri yang akan mengikuti lomba MTQ Nasional di Pendopo Rumah Dinas Bupati pada Senin (9/11) siang. Belakangan diketahui salah seorang santri itu positif virus Corona.

Meski terpapar virus Corona, keluarga Bupati Brebes disebut dalam kondisi baik. Suami bupati, Warsidin, menjalani isolasi mandiri di rumah sedangkan dua anak kembarnya diisolasi di rumah sakit. Kemudian dari hasil tracing, ditemukan 12 orang di lingkungan rumah dinas Bupati Brebes dinyatakan terpapar Corona.

 

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom