SOLOPOS.COM - Keindahan Kepulauan Karimunjawa (JIBI/Solopos/Dok/ilustrasi )

Wisata Karimunjawa beberapa waktu lalu sempat terganggu cuacu buruk.

Solopos.com, JEPARA-Aktivitas kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menuju Pulau Karimunjawa dan sebaliknya kembali normal, setelah sebelumnya sempat terganggu cuaca buruk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sejak Senin [18/5/2015] aktivitas kapal penumpang sudah kembali normal sehingga sudah bisa menyeberangkan penumpang dari Pelabuhan Jepara menuju Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Jepara atau sebaliknya,” kata Syahbandar Jepara Yuniarso, di Jepara, Selasa (19/5/2015).

Demikian halnya, lanjut dia, wisatawan Karimunjawa yang sebelumnya sempat tertahan akibat cuaca laut juga bisa diseberangkan ke Jepara.

Meskipun demikian, dia meminta, semua pihak tetap waspada karena gelombang tinggi pada musim timuran seperti sekarang biasanya berlangsung hingga beberapa pekan.

“Gelombang ombak tinggi memang tidak berlangsung terus menerus karena ada jeda gelombang laut kembali normal,” ujarnya.

Dengan kembali normalnya cuaca laut, kata dia, nelayan juga diperkenankan melaut dengan tetap menerapkan kewaspadaan terhadap cuaca laut.

Gelombang ombak tinggi di laut Jepara terjadi sejak Kamis (14/5/2015) sehingga aktivitas penyeberangan dari Pelabuhan Jepara menuju Pulau Karimunjawa dihentikan hingga cuaca laut kembali normal.

Camat Karimunjawa, M. Taksin, menyatakan beberapa hari lalu kondisi ombak memang cukup tinggi sehingga aktivitas penyeberangan kapal penumpang sempat dihentikan sementara.

“Pada Minggu [17/5/2015], aktivitas penyeberangan mulai normal, khususnya dari Semarang menuju Karimunjawa,” ujarnya.

Terkait dengan kondisi laut, pengelola Kapal Express Bahari tujuan Jepara-Karimunjawa juga menginformasikan kepada pelanggan, termasuk ketika kapal tidak bisa diberangkatkan pada hari Jumat (15/5/2015) karena faktor yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya