SOLOPOS.COM - Bangunan eks PG Colomadu, Karanganyar. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Wisata Karanganyar yakni PG Colomadu diharapkan segera direvitalisasi.

Solopos.com, KARANGANYAR – Rencana revitalisasi Pabrik Gula (PG) Colomadu seperti disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), diharapkan segera terealisasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keberadaan tempat wisata sejarah yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan, sentra kuliner dan produk UMKM, serta panggung pertunjukan, dinilai akan berdampak positif bagi kemajuan Colomadu.

Camat Colomadu, Yophy Eko Wibowo, saat ditemui di kantornya, Selasa (25/10/2016). Menurut dia, proyek PG Colomadu masih menunggu ground breaking.

“Awalnya kan ground breaking mau dilakukan Agustus 2016. Tapi tertunda karena masih ada pembicaraan antar BUMN yang akan menggarap proyek itu. Sejauh ini belum dikerjakan,” tutur dia.

Yophy menjelaskan revitalisasi PG Colomadu diharapkan membawa multiplayer effect bagi masyarakat di sekitarnya. Apalagi di tempat itu akan ada sentra kuliner dan produk-produk UMKM.

“Bangunan pabriknya untuk wisata sejarah. Ada museumnya, tempat pertunjukan, dan dilengkapi juga dengan pusat penjualan UMKM, oleh-oleh, serta rumah sakit internasional,” imbuh dia.

Jika tak ada perubahan, Yophy mengatakan, akan ada jalur kereta yang melewati sekitar PG Colomadu. Jalur tersebut menghubungkan Bandara Adi Sumarmo dengan terminal dan stasiun.

“Saat ini warga menunggu realisasi proyek ini. Kendati belum pernah ada sosialisasi langsung ke warga, mereka sudah dengar dari pemberitaan di berbagai media massa,” kata dia.

Warga Madu Asri, Colomadu, Dwi Hartoko, saat diwawancara , mengaku sudah mendengar ihwal rencana pembangunan PG Colomadu.

Dia juga mendukung terhadap rencana realisasi proyek tersebut. “Warga Colomadu harus diakomodasi dalam proses pembangunan proyek, maupun sebagai karyawannya,” ujar dia.

Terpisah, Kepala Adminisrasi Keuangan PG Tasikmadu, Bambang Isnugroho, yang juga membawahi eks PG Colomadu, mengatakan proses pembangunan fisik proyek masih butuh proses.

“Belum, belum dimulai. Masih lama itu. Ini sekarang sedang persiapan pameran bulan November. Tapi detailnya bagaimana saya tidak tahu. Yang jelas masih persiapan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya