SOLOPOS.COM - Goa Kunci (JIBI/Solopos/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, KARANGANYAR–Wisata Kabupaten Karanganyar selama ini identik dengan wilayah Tawangmangu ataupun Ngargoyoso yang berada di kaki Gunung Lawu. Namun ternyata di ujung timur Kabupaten Karanganyar, yakni Kecamatan Jenawi terdapat tiga goa cantik, masing-masing goa bedah, goa kunci dan goa tlorong.

Ya, bosan dengan wisata yang itu-itu saja, mungkin bisa dicoba dengan menjelajah goa. Wisata dengan sedikit mengasah adrenalin.  Inilah salah satu wisata yang berada di daerah Desa Lempong, Kecamatan Jenawi. Goa ini terletak sekitar tiga kilometer dari pusat perkotaan Kecamatan Jenawi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara untuk mencapai goa hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki melewati kebun karet, jalan setapak dengan dipenuhi semak belukar dan jalanan yang terjal serta berliku-liku. Setidaknya dibutuhkan perjuangan panjang dengan menempuh waktu sekitar 1 jam dari permukiman penduduk.

Namun rasa lelah itu terbayarkan sudah saat melihat goa dan masuk ke dalamnya. Ditambah dengan pemandangan luar biasa untuk masuk ke dalam tiga goa. Seolah-olah masuk ke dalam perut bumi. Jarak satu goa dengan goa lainnya tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 200 meter. Pertama akan disuguhi pemandangan goa bedah, selanjutnya Goa Kunci dan Goa Tlorong.

Sebagai penutup, Goa Tlorong dengan panjang sekitar 200 meter  memiliki keindahan panorama yang begitu indah. Kondisi dalam goa yang masih gelap serta jalan sempit yang tertutup dengan stalagtit goa menjadikan petualangan seru. Petualangan itu terbayar dengan pemandangan di dalam goa yang begitu indah.

Jika anda masuk ke goa ini sebaiknya membawa sandal yang tidak membuat licin karena medannya disini terasa licin. Selama ini keberadaan goa belum tersentuh pengembangan potensi wisata di Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya