SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung menghabiskan waktu libur Lebaran di Kampung Purba, Sabtu (25/7/2015). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Wisata Karanganyar khususnya di Kampung Purba akan mendapat perbaikan jalan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengalokasikan Rp1,9 miliar untuk membangun jalan penghubung dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran Sragen ke Kampung Purba Dayu Gondangrejo Karanganyar. Kepala Bidang Bina Marga DPU Karanganyar, Darmanto, menuturkan Pemkab menerima dana dari APBD Provinsi Jateng senilai Rp1,9 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembangunan akan dilaksanakan pada tahun ini. Darmanto menuturkan proses ganti rugi lahan untuk pembangunan proyek sudah diselesaikan tiga hari sebelum Lebaran, Selasa (14/7/2015).

“Ini surat perintah kerja [SPK] sudah turun. Ganti rugi lahan juga sudah diselesaikan. Ini upaya meningkatkan Museum Dayu. Ini pengembangan tahap pertama,” kata Darmanto saat ditemui wartawan, Sabtu (25/7/2015).

Proyek itu dimulai dengan mengeruk tanah dan pengerasan jalan. Sementara itu, penyelesaian pembangunan akan dilakukan pada tahap kedua. “Mungkin pekan ini akan ditindaklanjuti [mulai pekerjaan],” ujar dia.

Kepala Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Handoko, mengungkapkan Pemkab sudah menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan BPSMP Sangiran untuk mengelola Kampung Purba Dayu Gondangrejo. Handoko menyebut hal itu sebagai rencana jangka panjang pengembangan Kampung Purba.

“Sebelah barat akan kami kembangkan sebagai tempat penjualan cendera mata, taman, dan kuliner. Sementara para pedagang menempati tenda-tenda yang kami sediakan. Lalu ada pengembangan lahan parkir. Nanti bertahap,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya