Wisata Kali Talang Klaten, Spot Terbaik Nikmati Puncak Merapi dari Jarak Dekat

Objek wisata Kali Talang di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang kembali ramai didatangi pengunjung.

 Pengunjung menikmati suasana kawasan Kali Talang, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana kawasan Kali Talang, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Objek wisata Kali Talang di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang kembali ramai didatangi pengunjung. Mayoritas pengunjung berdatangan lantaran panomara kawasan di lereng Gunung Merapi itu viral di media sosial (medsos), terutama di Tiktok.

Ramainya kunjungan ke objek wisata itu terjadi selama sebulan terakhir. Tak hanya warga lokal, wisatawan mancanegara pun berdatangan ke kawasan yang berada pada ketinggian 1.120 meter di atas permukaan laut (Mdpl) dan berjarak sekitar 4 km dari puncak Gunung Merapi tersebut.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Selain pemandangan sejuknya udara di kawasan yang dipenuhi pepohonan tersebut, Kali Talang disebut-sebut menjadi salah satu spot terbaik menikmati pemandangan puncak Gunung Merapi ketika cuaca puncak cerah. Sesekali kawasan itu diselimuti kabut.

Ada sejumlah gazebo yang bisa menjadi tempat berteduh di kawasan tersebut. Selain itu ada beberapa fasilitas ayunan serta bangku. Sayang, fasilitas bangku di tempat itu menjadi sasaran vandalisme.

Salah satu pengunjung, Dafin, 16, yang datang bersama tiga temannya mengaku baru pertama datang ke Kali Talang.

Baca Juga: World Tourism Day, Disbudporapar Klaten Tanam 2.000 Pohon di Lereng Merapi

“Gara-gara tempat ini trending di tiktok. Baru pertama ini. Ingin menghilangkan gabut saja kemudian ke sini. Suasananya dingin,” kata warga Piyungan, Bantul, DIY, tersebut, Kamis (29/9/2022).

Akbar, 18, mahasiswa asal Bantul, DIY juga baru kali pertama ke Kali Talang lantaran penasaran setelah banyak beredar video terkait panorama Kali Talang.

”Lokasinya bagus. Alam pegunungannya masih asli. Mungkin yang perlu pembenahan lagi soal penunjuk arah dari bawah. Tadi sempat bingung mau ke sini,” ungkap dia.

Salah satu anggota Karang Taruna Balerante, Jemingan, 32, mengatakan ramainya pengunjung sudah terjadi sekitar sebulan terakhir sejak ada yang mengunggah video kunjungannya ke Lembah Pasir kawasan Kali Talang melalui Tiktok.

Baca Juga: Dekat Lur! Lokasi Hutan Kamboja Klaten Tak Jauh dari Stadion Trikoyo

“Jumlah pengunjung hari biasa itu 500 orang. Kalau akhir pekan itu bisa sampai 2.000 orang per hari,” kata Jemingan.

Jemingan juga menjelaskan saban hari ada pengunjung dari mancanegara. Namun, dia tak mengetahui asal negara pengunjung mancanegara tersebut. Selama sebulan terakhir, ada saja pengunjung mancanegara yang datang setiap harinya.

Jemingan mengingatkan para pengunjung yang datang tetap menjaga keasrian kawasan tersebut. Selain itu, dia mengingatkan pengunjung selalu mematuhi rambu-rambu yang sudah terpasang.

“Ada rambu-rambu tebing curam, kami berharap bisa dipatuhi. Kalau naik bawa sampah, pulang juga diminta bawa sampah,” ungkap dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Ini Profil Aipda Joko Mudo, Penumpang Helikopter Polisi yang Jatuh asal Sragen

      Aipda Joko Mudo menjadi salah satu korban jatuhnya Helikopter polisi. Ia dikenal sebagai sosok yang baik dan berhasil mengangkat derajat keluarga.

      Gunakan Knalpot Brong di Jl Slamet Riyadi Solo, 5 Sepeda Motor Disita

      Call center tim Sparta Polresta Solo banyak menerima aduan dan keluhan pengguna jalan maupun masyarakat lantaran terganggu suara knalpot brong.

      Filosofi Klepon, Kudapan yang akan Hadir di Pernikahan Kaesang-Erina

      Kue klepon merupakan makanan ringan tradisional yang berasal dari Jawa. Diceritakan, klepon untuk kali pertama diperkenalkan oleh imigran Indonesia kepada masyarakat Belanda pada 1950-an.

      Penumpang Helikopter Jatuh Asal Sragen Ditemukan, Keluarga Korban Bisa Menerima

      Salah satu penumpang helikopter polisi yang jatuh asal Sragen, Aipda Joko Mudo, telah ditemukan namun dalam kondisi meninggal dunia. Keluarga korban ingin almarhum dimakamkan di Sragen.

      Jejak Harta Karun Emas di Musuk Boyolali: Disebut Pripih, Bertulis Huruf Kawi

      Temuan artefak kebudayaan di Boyolali berbentuk pripih yang diyakini sebagai harta karun pada zaman dulu.

      3 Produk Pangan Strategi Ludes dalam 2 Jam di Pasar Murah Sragen

      Pasar murah itu dihelat sebagai rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Provinsi Jateng.

      Besok, Instalasi Lampu Meriahkan Natal di Kawasan Pasar Gede Solo Dinyalakan

      Panitia akan menyalakan instalasi lampu perayaan Natal di Jl. Jenderal Sudirman dan Urip Sumoharjo pada Kamis (1/12/2022).

      Fixed! Dewan Pengupahan Sukoharjo Usul UMK 2023 Naik Rp140.121

      Dewan Pengupahan Sukoharjo telah mengusulan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 sebesar 7,01 persen dari UMK sebelumnya.

      Soal UMK 2023, Diskopnaker Boyolali: Baru Persiapan Pleno Dewan Pengupahan

      Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Boyolali masih menunggu persiapan pleno dewan pengupahan soal UMK Boyolali.

      2.063 Pelari dari 11 Negara akan Ikuti Siksorogo Lawu Ultra di Karanganyar

      Siksorogo Lawu Ultra 2022 hadir dengan kategori 15 K, 30 K, 50 K, dan 80 K dengan batas waktu lari untuk laki-laki 23 jam, perempuan 24 jam.

      13 Pohon Natal Semarakkan Natal kawasan Jensud Solo

      Lampion khas Natal merupakan yang menjadi kali pertama diadakan kawasan Balai Kota Solo.

      Pendaftaran PPK PPS Ditutup, Bawaslu Boyolali Beri Lima Imbauan

      Ketua Bawaslu, M. Mahmudi, mengimbau agar proses perekrutan PPK dan PPS oleh KPU berpedoman pada peraturan yang berlaku, yakni Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022.

      Catat, Hari Ini Happy Asmara akan Goyang Sukoharjo di Konser Amal

      Pemkab Sukoharjo menggandeng Baznas untuk turut membantu mengumpulkan donasi bagi korban bencana alam di Sukoharjo maupun di Cianjur.

      Mobil Dilarang Lewat, Pengelola Goa Resi Wonogiri Siapkan Area Parkir Cadangan

      Perbaikan keretakan jalan masih dikomunikasikan pemerintah desa (Pemdes) Conto kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Wonogiri.

      Solopos Hari Ini: Ramai-Ramai Wadul Gibran

      Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, ramai jadi jujugan warga yang wadul bukan hanya dari warga Solo, bahkan warga dari daerah-daerah lain.