SOLOPOS.COM - Ilustrasi (id.wikipedia.org)

Wisata Jogja kian beragam dengan pembangunan Museum Muhammadiyah

Harianjogja.com, JOGJA – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah segera merealisasikan pembangunan Museum Muhammadiyah. Peletakan batu pertama pembangunan museum tersebut akan dilakukan akhir tahun 2017 ini.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Muchlas mengungkapkan, Museum Muhammadiyah bakal berada di komplek kampus terpadu Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Bannguntapan, Bantul yang saat ini juga masih dalam pembangunan.

“Letaknya di sisi paling depan, tepatnya di dekat masjid kampus UAD,” ujarnya, Selasa (6/6/2017) petang.

Dia menjelaskan, Museum Muhammadiyah nantinya memang berbeda dengan museum-museum pada umumnya yang banyak menampilkan artefak. Di Museum Muhammadiyah justru hanya menonjolkan informasi-informasi yang berkaitan dengan eksistensi Muhammadiyah sEbagai organisasi sosial keagamaan, dari dulu hingga saat ini.

“Di Muhammadiyah ini memang banyak informasi, tapi memang minim artefak, sehingga yang kita kembangkan eksplorasi informasi,” jelas dia.

Hal yang dapat dieskplorasi di museum itu nantinya di antaranya  terkait perjalanan gerakan Muhammadiyah dari masa ke masa. Konsep ini seperti sebuah  kaledoskop.

“Konsepnya seperti Museum Google, kita ingin menampilkan serba digital,” tandasnya.

Bangunan yang bakal memiliki lima lantai tersebut diharapkan sudah selesai pada 2019 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya