SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wisata Jogja pertengahan minggu ini diperkirakan tak terlalu tinggi.

Harianjogja.com, JOGJA-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Keputusan Presiden No.3/2017 telah menetapkan 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional karena merupakan hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah. Hari libur tersebut menurut beberapa pegiat wisata tidak berpengaruh pada jumlah kunjungan wisatawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata (Asita) DIY Udhi Sudiyono melihat libur esok hari tampaknya tidak begitu pengaruh pada kunjungan wisatawan.

“Tanggal 15 itu kan Rabu jadi tidak bisa dikombinasi dengan weekend. Dan juga kalau libur Pilkada kebanyakan orang menggunakan waktunya di rumah masing-masing karena akan ikut milih,” tuturnya, Senin (13/2/2017).

Senada juga disampaikan Public Relation Admin Santika Premiere Hotel, Satri. Menurutnya libur satu hari besok tidak akan berpengaruh pada kenaikan okupansi hotel.

“Karena [libur 15 Februari 2017] bukan libur untuk bersama keluarga tetapi libur untuk Pilkada di daerah masing-masing,” kata Satri.

Namun, pihaknya mendukung adanya libur nasional tersebut karena karyawan yang tinggal di daerah Pilkada tidak harus ijin untuk dapat menggunakan hak suaranya.

Berbeda dengan keduanya, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DPD DIY Istidjab Danunagoro justru memprediksi jumlah tamu yang menginap akan naik sampai 10%. “Karena Rabu itu pertengahan pekan jadi mungkin tidak terlalu ramai. Minimal tambah lima persen, maksimal 10 persen,” kata Istidjab. Kenaikan kunjungan diprediksi akan terjadi pada hotel-hotel di ring satu Malioboro, terutama hotel bujdet bintang dua dan tiga.

Wisatawan yang datang pada libur esok hari diprediksi berasal dari daerah sekitar Jogja dan paling jauh Jakarta, bukan dari kota-kota luar Jawa karena libur besok hanya berlaku singkat. Kondisi tersebut akan berbeda jika libur nasional jatuh pada hari Jumat, Sabtu, atau Senin karena masyarakat berpeluang mengambil libur panjang.

Libur 15 Februari besok bertepatan dengan berlangsungnya program paket Jogja Heboh. Paket Jogja Heboh merupakan program PHRI, Asosiasi Perjalanan Wisata (Asita), dan pelaku pariwisata lainnya di Jogja yang menyajikan paket wisata murah selama Februari. Ada 28 hotel yang sudah bersedia memberikan diskon 60% dan Asita juga sudah menyiapkan paket tour hanya Rp150.000.

Harapannya, kata Istidjab, libur nasional besok Rabu bisa menarik perhatian wisatawan untuk berwisata ke Jogja, sekaligus memanfaatkan paket wisata murah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya