SOLOPOS.COM - JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah Ilustrasi

Wisata Jogja, maskapai penerbangan merasakan dampak kenaikan penumpang.

Harianjogja.ocm, SLEMAN--Bulan Mei 2016 menyediakan masa libur panjang pada Kamis-Minggu (5-8/5/2016). Masa libur panjang membuat junlah penumpang pesawat mengalami kenaikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

General Affair And Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Edwin Wibowo menjelaskan, jumlah penumpang pesawat selama libur panjang diperkirakan mengalami kebaikan. Jumlah penumpang datang dan berangkat dibandikan hari-hari biasa diperkirakan naik sekitar 6,7%.

“Kalau rata-rata penumpang datang dan berangkat sekarang, sebelum long weekend adalah 23.899 pax,” ujar dia, Selasa (3/5).

Artinya, jumlah penumpang jika diperkirakan mengalami kenaikan 6,7% maka akan ada penambahan sekitar 1.600 penumpang datang dan berangkat. Jadi, nantinya jumlah penumpang datang berangkat selama libur panjang sekitar 25.500 penumpang.

Tiket pesawat selama libur panjang juga sulit didapat. Seorang penumpang asal Jakarta Hana mengaku kesulitan mendapatkan tiket pesawat dari travel agent. Ia berencana kembali ke Jakarta pada Minggu (8/5). Ia sudah kehabisan tiket pesawat yang langsung menghubungkan DIY dan Jakarta. Hana hanya mendapatkan dua pilihan yakni menggunakan penerbangan dari DIY-Surabaya-Jakarta atau DIY-Balikpapan-Jakarta.

“Saya memilih yang ke Surabaya dulu baru ke Jakarta. Daripada saya harus ke Balikpapan dulu,” ujar dia.

Harga tiket pesawat selama libur panjang juga mengalami kenaikan. Hana mengaku, ketika ia berangkat dari Jakarta ke DIY, ia harus membayar tiket sebesar Rp1,5 juta. Sementara itu, untuk tiket pulang ke Jakarta via Surabaya, ia harus merogoh kocek sebesar Rp2,8 juta. “Mahal sekali. Masak pulang pergi Jakarta-DIY hampir Rp5 juta sendiri?” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya