SOLOPOS.COM - MALIOBORO -- Di sepanjang jalan Malioboro merupakan salah satu kawasan pusat belanja di Jogja yang ramai dikunjungi.(JIBI/HARIAN JOGJA/Desi Suryanto)

MALIOBORO -- Di sepanjang jalan Malioboro merupakan salah satu kawasan pusat belanja di Jogja yang ramai dikunjungi.(JIBI/HARIAN JOGJA/Desi Suryanto)

Sleman (Solopos.com)-Pariwisata Jogja ditargetkan sejajar dengan Bali untuk tingkat kunjungan. Potensi wisata tidak kalah, hanya butuh sinergitas antar pelaku wisata untuk mengundang lebih banyak wisatawan domestik maupun asing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta, Deddy Pranowo Eryono menjelaskan kerjasama dibangun antara birokrasi, pengusaha hotel, sekolah wisata, travel dan organisasi wisata lainnya. “Stakeholder dinas Pariwisata Provinsi, Kabupaten Kota kita teruskan sinergitas lebih baik dan tertata betul untuk  maju paling tidak sama dengan Bali,” katanya disela peringatan Hari Pariwisata Dunia di Kraton Ratu Boko Prambanan, Jumat (30/9/2011).

Dalam peringatan itu diundang berbagai organisasi pelaku wisata. PHRI, Asita, HPI, Posipa, MPI, PR, sekolah Pariwisata dan organisasi lainnya. Mereka memperingati hari pariwisata dengan menanam pohon nangka dan pinus di bukit Boko. Filosofi penanaman pohon ini karena dunia wisata tidak bisa lepas dengan alam.

“Penanaman pohon kita ingin melestarikan alam pada era globalisasi agar Alam betul-betul terjaga,” kata Deddy.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir dalam kesempatan yang sama menuturkan peringatan hari Pariwisata jatuh 27 september diperingati di candi Boko karena merupakan aset budaya. Dengan peringatan ini sebagai pendoron untuk memajukan wisata di Jogja lebih baik minimal tumbuh 10 persen tiap tahun.

Caranya dengan memperbanyak event di berbagai wilayah. Wisata adventure karnaval festival dan Pameran. “Di jogja hotel akan banyak dibangun, semoga pariwisata terus tumbuh,” jelasnya.

(JIBI/Harian Jogja/aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya