SOLOPOS.COM - Warga mengikuti senam massal saat car free day di Jalan AM Sangaji Jogja, Minggu (16/10/2016). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Jogja di kawasan Lor Tugu dipromosikan melalui rangkaian kegiatan Cokrofest

Harianjogja.com, JOGJA-Cokrofest memeriahkan HUT ke-260 Jogja mengangkat potensi wisata dan budaya di sepanjang Jalan AM Sangaji. Berbagai acara digelar untuk menghibur warga Jogja, khususnya di Kecamatan Cokrodiningratan di halaman Kantor Harian Jogja, Minggu (16/10/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kegiatan ini adalah Semangat Lor Tugu untuk memeriahkan HUT Jogja. Tidak hanya menampilkan potensi seni dan budaya, tetapi juga Kami ingin mengangkat potensi kawasan di bagian utara Tugu Jogja,” ujar Ketua Panitia HUT Jogja, Totok Pratopo.

Totok mengatakan, sepanjang jalan AM Sangaji merupakan bagian dari sumbu filosofi Jogja. Di mana menghubungkan daerah yang dianggap memiliki nilai sejarah yang penting bagi kota budaya ini. Jalan tersebut merupakan garis lurus yang menghubungkan Gunung Merapi, Tugu Jogja, Kraton Jogja dan Laut Selatan.

“Potensi kawasan ini sangat layak untuk diangkat dan diperkenalkan. Salah satu upayanya dengan acara semacam ini,” imbuh Totok.

Bukan sekadar kawasan sumbu filosofi Jogja. Sepanjang jalan bagian utara Tugu Jogja ini juga memiliki berbagai bangunan bersejarah. Totok menegaskan, belum banyak masyarakat yang memahami potensi heritage yang ada di kawasan ini.

Oleh karena itu, kata Totok, sangatlah penting mengangkat citra kawasan heritage dari Cokrodiningratan. Selain itu, selama ini, pertunjukan seni dan budaya di Jogja berpusat di Malioboro.

“Kami berharap, ke depan bisa ada event rutin untuk mempromosikan dan mempopulerkan kawasan lor tugu,” jelas Totok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya