SOLOPOS.COM - Gunung Bromo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Wisata Jatim saat Lebaran 2015 ternoda permainan tarif angkutan umum di Bromo.

Madiunpos.com, SURABAYA — Pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) meminta pengujung wisata alam Gunung Bromo agar waspada terhadap permainan tarif angkutan kendaraan, khususnya angktan umum menuju area Gunung Bromo dan bukit Penanjakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasalnya, kendaraan khusus atau mobil hardtop atau jeep yang umumnya digunakan untuk menuju area gunung itu dikelola oleh paguyuban atau masyarakat sekitar Bromo Tengger. Kendaraan yang disiapkan oleh paguyuban tersebut hanya berjumlah 800 unit.

Sementara, setiap unit bisa untuk mengangkut sekitar 7 orang. Apabila, jumlah kunjungan meningkat, kerap kali pengelola mobil Jeep tersebut harus melakukan antar jemput atau dua kali mengangkut rombongan pengunjung yang berbeda, bahkan dengan harga yang lebih mahal.

“Hal ini menjadi warning, karena biasanya tarif sewa angkutan Jeep bisa lebih mahal dari biasanya yang hanya sekitar Rp600.000/unit untuk keliling di bukit Penanjakan, pasir berbisik, dan bukit teletubis,” ujar Kepala TNBTS Ayu Dewi Utari kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Sabtu (18/7/2015).

Wisata Termahal
Dia menambahkan, tarif wahana mobil Jip tersebutlah yang selama ini menjadi keluhan pengujung yang menganggap bahwa wisata Bromo adalah wisata alam paling mahal.

Selain itu, lanjut Ayu, biasanya pengunjung juga enggan untuk bergabung dengan rombongan pengunjung lain dalam satu kendaraan. Padahal, bergabung dengan rombongan lain tersebut bisa dilakukan untuk menekan biaya sewa mobil jip.

“Memang untuk kendaraan ini cukup mahal, apalagi kemarin harga bahan bakar minyak juga naik. Namun, pengunjung,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya