WISATA JATIM : Museum Singhasari Lengkapi Daya Tarik Wisata Malang

WISATA JATIM : Museum Singhasari Lengkapi Daya Tarik Wisata Malang

SOLOPOS.COM - Bupati Malang Rendra Kresna melihat dari dekat arca yang menghiasi koleksi Museum Singhasari di kawasan Singhasari Residence, Desa Klampok, Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (20/5/2015). (Mohammad Sofi`i/JIBI/Bisnis)

Wisata Jatim disempurakan daya tariknya setelah dibukanya Museum Singhasari.

Solopos.com, MALANG — Museum Singhasari di kawasan Perumahan Singhasari Residence, Desa Klampok, Kecamatan Singosari melengkapi daya tarik wisata di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Museum yang berdiri di lahan seluas lebih dari 2.000 meter persegi tersebut menampung sejumlah benda peninggalan sejarah purbakala, mulai dari arca, buku kuno, hingga tombak dan keris.

Bupati Malang Rendra Kresna menggunting rangkaian bunga menandai peresmian Museum Singhasari di kawasan Singhasari Residence, Desa Klampok, Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (20/5/2015). (Mohammad Sofi`i/JIBI/Bisnis)

Bupati Malang Rendra Kresna menggunting rangkaian bunga menandai peresmian Museum Singhasari di kawasan Singhasari Residence, Desa Klampok, Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (20/5/2015). (Mohammad Sofi`i/JIBI/Bisnis)

Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan keberadaan museum Singhasari tersebut kian melengkapi destinasi utamanya pendidikan, budaya dan hiburan di Kabupaten Malang. “Keberadaan museum diharapkan bisa kian melestarikan budaya asli Malangan khususnya Singosari,” kata Rendra saat meresmikan museum Singhasari, Rabu (20/5/2015).

Ketua Asosiasi Museum Jawa Timur Dwi Cahyono mengatakan saat ini di Jawa Timur terdapat 36 museum. Kehadiran museum Singhasari kian melengkapi keberadaan museum di Jawa Timur yang sifatnya tematik.

Apalagi museum Singhasari memiliki kekhususan dengan sejarah kerajaan Singosari. Sehingga nantinya jika masyarakat atau wisatawan ingin mengetahui dari dekat tentang Singosari, Museum Singhasari tempatnya. “Secara umum peninggalan kerajaan Singhosari seperti artefak dan lainnya banyak berada di Belanda. Kendati sifatnya hanya duplikasi namun museum Singhasari sudah layak menjadi wahana untuk belajar, penelitian dan hiburan,” ujar Dwi.

Direktur Utama Singhasari Residence David Santoso mengatakan ke depan museum Singhasari juga akan dilengkapi dengan video visual yang menggambarkan tentang sejarah kerajaan Singosari. “Nantinya untuk melengkapi isi museum tidak hanya pada benda purbakala saja namun juga pada benda-benda yang ada di Jawa seperti arca, tombak, keris dan lainnya,” tambah dia.

Terkait dengan benda peninggalan sejarah yang akan dipajang di museum tersebut Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto akan menyerahkan 54 arca dan patung warisan kerajaan Singosari. Selain dari BPCB Mojokerto, isi museum nanti juga akan diisi arca-arca yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Malang seperti Kasembon dan Ngantang.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Petugas Rutan Solo Temukan Handphone, Diduga Dilempar dari Luar Dinding Rutan

Petugas Rutan Kelas I A Solo kembali menggagalkan percobaan penyelundupan benda terlarang di dalam Rutan Solo

Ribuan Pengunjung Serbu Ndayu Park Sragen di H+2 Lebaran

Ribuan warga berlibur ke objek wisata Ndayu Park Sragen pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Terminal Sukoharjo Sepi, Hanya PO Lokal yang Beroperasi

Sepinya penumpang bus di Terminal Sukoharjo terjadi sejak pengetatan aturan perjalanan mulai 22 april-5 Mei.

Pasar Tunggu Kebangkitan Kerajinan Kuningan Juwana

Juwana merupakan Kecamatan yang menghubungkan Kota Pati dan Kota Rembang.  Di Kecamatan ini pula dikenal sebagai penghasil kerajinan kuningan, yang dikenal dengan Kuningan Juwana.

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.

Libur Lebaran 2021, Mal di Solo Baru Ramai Pengunjung

Sejumlah warga mulai menyerbu pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru saat libur Lebaran 2021.

Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedungombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021).

Korban Perampokan Di Bekasi Diperkosa saat Main Tik Tok

Perampok menyatroni rumah warga di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi dan memperkosa korban berusia 15 tahun.

Setelah Sepeda Motor, Kini Giliran Becak Masuk Tol

Sebuah video pria mengayuh becak dengan membawa penumpang masuk Tol Surabaya-Gresik viral di grup media sosial.

H+2 Lebaran Umbul Manten Diserbu Ratusan Pengunjung, Prokes Jalan Terus

Objek wisata Umbul Manten di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, diserbu ratusan pengunjung pada H+2 Lebaran 2021, Sabtu (15/5/2021).

Duh, Warga Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Warga dengan gangguan jiwa asal Kampung Teguhan, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, nekat membakar rumah sendiri, Sabtu (15/5/2021) siang.

Penumpang Masuk Terminal Pulogebang Jalani Tes Usap

Pemerintah Kota Jakarta Timur memastikan akan melakukan tes usap antigen bagi penumpang arus balik yang tiba di Terminal Pulogebang.