SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga asing (Dok/JIBI)

Ilustrasi wisatawan asing (Dok/JIBI)

DENPASAR—Pelaku industri perhotelan menilai adanya tren eksklusivisme wisatawan dengan mulai memilih akomodasi berkelas akibat turis mulai jenuh dengan maraknya akomodasi murah.

 
Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua PHRI Bali, mengatakan banyak wisatawan khususnya mancanegara yang tak segan untuk memilih menginap di vila dengan harga yang fantastis di atas Rp10 juta/malam. 

“Kami menilai, mereka mulai jenuh dengan hotel di bawah Rp3 juta, jika nanti akomodasi eksklusif ini semakin mengangkat kualitas pariwisata Bali tidak menutup kemungkinan pengusaha hotel akan beralih bisnisnya,” ujarnya Minggu (17/2).

Cok Ace menjelaskan jika tren tersebut mengangkat citra pariwisata Bali secara kuantitas memang baik tetapi secara kualitas belum dapat dilihat. Ia mencontohkan saat ini banyak pelaku pariwisata yang mulai menyasar konsumen Asia Pasifik akibat penurunan lama tinggal dan kunjungan. 

Selain itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PHRI Bali, Perry Markus menambahkan, jika diperhatikan sejak 2010 minat wisatawan mengisi kamar hotel cenderung stagnan, ia mencontohkan banyak hotel yang menurunkan rate harga kamar untuk menaikkan okupansi. 

“Harga promo sudah pasti menarik perhatian tamu dan imbasnya hotel-hotel yang sudah lama atau establish menjadi turun,” ujarnya.

PHRI mencatat pada 2010 jumlah kunjungan wisatawan ke hotel non bintang sebesar 35,93%, 2011 menjadi 36,51%, dan 2012 sebesar 36,87%, Begitu pun yang terjadi di hotel berbintang, pada 2010 sebesar 60,62%, 2011 sebesar 62,15%, 2012 sebesar 61,43%. “Meskipun meningkat tak menyelesaikan masalah, karena peningkatannya tidak signifikan.”

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya