SOLOPOS.COM - Perahu baru untuk wisata perahu Grebeg Sudiro di halaman Kantor Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Solo, Minggu (22/12/2019). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Agenda tahunan Grebeg Sudiro untuk menyambut Tahun Baru Imlek akan dibuka mulai 15 Januari 2020. Aneka pertunjukan seni budaya sudah disiapkan.

Begitu juga dengan perahu wisata untuk susur Kali Pepe. Kali ini panitia menambah satu perahu untuk memeriahkan Grebeg Sudiro 2020. Total ada tiga perahu yang siap melayani wisatawan susur sungai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, Minggu (22/12/2019), tiga perahu itu telah berada di halaman Kantor Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Solo. Perahu baru memiliki atap berbeda dibanding dua perahu sebelumnya dengan tulisan Grebeg Sudiro dari lampu LED.

Ketua Panitia Grebeg Sudiro, Arga Dwi Setyawan, 30, menjelaskan pembukaan Grebeg Sudiro berlangsung mulai 15 Januari 2020 dengan pembukaan pasar potensi daerah dan peluncuran perahu wisata.

Ekspedisi Mudik 2024

Serasa di Jepang, Foto-Foto Bunga Sakura di Tawangmangu Karanganyar

“Antusiasme warga pada Grebeg Sudiro terakhir sangat tinggi. Peminat wisata perahu banyak. Kami tambah satu perahu untuk memanjakan wisatawan,” ungkap dia.

Menurut Arga, warga Sudiroprajan telah mempersiapkan wisata susur Kali Pepe pada pertengahan tahun lalu dengan lomba mural di bantaran sungai. Wisata perahu akan menjadi wahana istimewa bagi penggemar fotografi karena juga dihiasi puluhan lampion.

“Kami mengangkat tema Bersinergi Merawat Kebhinekaan karena warga Sudiroprajan terdiri bermacam suku, agama, etnis, yang dapat hidup rukun,” ujarnya.

Arga menjelaskan perahu wisata akan beroperasi hingga Jumat (24/1/2020). Lalu Umbul Mantram yang dimeriahkan tari-tarian tradisional dan Wayang Kampung Sebelah berlangsung pada Jumat (16/1/2020).

Hamil 6 Bulan, Wanita Ini Bersama Suami 35 Kali Tipu Toko Emas di Solo

Karnaval Budaya akan berlangsung pada Minggu (19/1/2020) dan malam penutupan Grebeg Sudiro dimeriahkan penampilan kesenian budaya serta D’diamond Band pada Jumat (24/1/2020).

Lurah Sudiroprajan, Dalimo, mengatakan telah ada anggaran Rp50 juta dari APBD 2020 untuk kegiatan Kelompok Sadar Wisata Kelurahan Sudiroprajan. Dana untuk Grebeg Sudiro dan Imlek mendapatkan tambahan dari swadaya masyarakat Sudiroprajan dan donasi masyarakat.

“Semua kegiatan dikerjakan warga Sudiroprajan. Dana tersebut untuk menyambut [Tahun Baru] Imlek, melestarikan seni budaya, dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya