Wisata Heritage Diharapkan Bisa Hapus Stigma Negatif Kestalan Solo

Pengelola hotel di Kelurahan Kestalan, Banjarsari, Solo, mendukung rencana penataan kawasan sebelumnya terkenal sebagai lokasi mangkal PSK jadi tempat wisata heritage.

 Ponten atau fasilitas mandi cuci kakus di Kestalan, Banjarsari, Solo, yang ditetapkan sebagai cagar budaya Kota Solo beberapa tahun lalu. (Solopos/Dok)

SOLOPOS.COM - Ponten atau fasilitas mandi cuci kakus di Kestalan, Banjarsari, Solo, yang ditetapkan sebagai cagar budaya Kota Solo beberapa tahun lalu. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Pengelola hotel di kawasan eks mangkal pekerja seks komersial (PSK) Kestalan, Banjarsari, Solo, berharap wacana destinasi wisata heritage yang digulirkan camat setempat segera terealisasi. Melalui program tersebut diharapkan bisa menggeliatkan kembali usaha perhotelan di wilayah tersebut serta bisa menghilangkan stigma negatif kawasan Kestalan.

Seperti diketahui, sejak lama Pemerintah Kota Solo berupaya untuk menghilangkan keberadaan pekerja seks komersial (PSK) di kawasan Kestalan. Dampaknya, hotel-hotel di wilayah tersebut kini menjadi sepi pengunjung.

Promosi”Filipinaisasi” Indonesia

Kemungkinan para pengunjung takut memanfaatkan layanan perhotelan di lokasi tersebut yang kerap ada penertiban. Sebagai solusi untuk mengangkat kembali potensi perhotelan dan wisata di lokasi tersebut, Pemerintah Kecamatan Banjarsari berencana menjadikan lokasi tersebut sebagai kawasan wisata hotel lawas.

Baca Juga: Eks Kawasan PSK Kestalan Solo Bakal Disulap Jadi Objek Wisata Heritage

Berdasarkan pantauan Solopos.com, kawasan yang tidak jauh dari gedung Stasiun Solo Balapan itu terdapat cukup banyak bangunan hotel. Kebanyakan hotel di kawasan itu ukuran bangunannya tidak terlalu besar dan beberapa memiliki arsitektur lawas.

Salah satu pengelola hotel di wilayah Kestalan, B Budi Susetyo, berharap wacana penataan kawasan perhotelan itu menjadi lokasi wisata heritage di Solo bisa segera terealisasi. Dengan begitu usaha perhotelan di kawasan tersebut bisa kembali bergeliat. Ia mengakui adanya penertiban yang kerap dilakukan Pemerintah Kota Solo membuat kondisi hotel-hotel di Kestalan sepi pengunjung.

Semacam Kota Lama

“Dari kecamatan menanggapi akan coba wacanakan program perubahan. Dibuat semacam kota lama di Semarang. Istilahnya hotel lawas atau apa. Pada intinya kami setuju saja selama semua mendukung. Kalau program Pemkot 2022 itu kan pengembangan wisata,” katanya, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Ada Pohon Natal Ramah Lingkungan di 2 Hotel Solo, Begini Penampakannya

Ia mengaku senang dengan rencana penataan itu. “Ya saya senang sekali. Namun kapannya ini yang belum tahu. Masih wacana. Kemarin ada utusan Linmas untuk foto hotel-hotelnya,” jelasnya.

Ia berharap penataan wisata heritage itu juga bisa disinergikan dengan penataan dan pengembangan wisata lain di wilayah Kestalan, Solo. Pria yang juga menjabat Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kestalan itu mengatakan saat ini Kestalan sudah mulai menata kawasan.

Baca Juga: Tak Ada Libur Nataru, Volume Kendaraan Masuk Solo Diprediksi Tetap Naik

Ada program kampung KB dan sebagainya. Selain itu juga ada fasilitas mandi cuci kakus (MCK) kuno atau biasa disebut ponten di wilayah tersebut. “Dengan wacana seperti ini kelihatannya nyambung. Tapi kapan, kami belum tahu. Masih menunggu kabar positif dari kecamatan,” lanjutnya.

Camat Banjarsari, Beni Supartono, mengatakan wacana penataan kawasan Kestalan segera ia sampaikan kepada Wali Kota dan OPD terkait. “Intinya ini untuk menghilangkan stigma negatif kawasan tersebut,” katanya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Ini Identitas Korban Kecelakaan Maut Dua Truk di Teras Boyolali

Polisi merilis identitas korban kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) pukul 04.30 WIB.

Tabrak Pohon & Masuk Parit di Jaten Karanganyar, Warga Solo Meninggal

Pengendara motor asal Kadipiro, Banjarsari, Kota Solo, Danis Wisnu Murti, 23, meninggal seusai terlibat kecelakaan tunggal di Jl. Solo-Sragen tepatnya Jaten, Kabupaten Karanganyar, pada Selasa (17/5/2022).

Apa Itu Onggo-Inggi, Sosok yang Kerap Muncul di Jembatan Jurug Solo?

Apa sih itu Onggo-Inggi, sosok yang dikabarkan kerap muncul di Jembatan Jurug Lama Solo, Jawa Tengah?

Lahan 20,1 Hektare di Sragen Dihibahkan ke Kemenparekraf, Ini Lokasinya

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk pembangunan Poltekpar Negeri, lokasi lahan itu tersebar di tiga kelurahan.

Pemkab Klaten Kembali Mendapatkan Opini WTP, Ini Komentar Bupati

Pemerintah Kabupaten Klaten sukses mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2021.

Pemkab Sragen Hibahkan Lahan 20,1 Hektare ke Kemenparekraf, Buat Apa?

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri.

Kenapa Nama Sala Berubah Jadi Solo? Ternyata Ini Sejarahnya

Kira-kira kenapa nama Sala bisa berubah menjadi Solo, salah satu kota yang ada di Jawa Tengah? Ternyata begini sejarahnya.

Butuh 2 Crane Evakuasi 2 Truk Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Evakuasi kedua truk yang terlibat kecelakaan di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) membutuhkan dua crane.

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) diduga karena sopir mengantuk.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?

Rudy Ikut Donor, DPC PDIP Solo Himpun 221 Kantong Darah

DPC PDIP Solo mengadakan aksi donor darah dan berhasil menghimpun 221 kantong dari pengurus dan kader. Aksi dipimpin langsung oleh FX Hadi Rudyatmo yang juga menjadi donor.

Libur Waisak Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung, Ini Yang Diburu

Pasar Gede Solo dipadati pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati kuliner khas atau membeli oleh-oleh pada libur Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).