SOLOPOS.COM - Gua Ngingrong di Dusun Karangasem, Mulo, Wonosari Gunungkidul. (Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Gunungkidul di Gua NGingrong menawarkan sensasi susur gua dan danau bawah tanah

 

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Objek wisata Geopark Ngingrong yang berada di Dusun Karangasem, Mulo, Wonosari menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah wisatawan. Selain Pantai, Gua Ngingrong dijadikan salah satu alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul.

Salah seorang anggota kelompok sadar wisata (pokdarwis) Gua Ngingrong, Oktiawan Setiabudi mengatakan bahwa wisata Gua Ngingrong menjadi salah satu wisata minat khusus yang ada di Gunungkidul. Berbagai potensi yang ada di Gunungkidul tak melulu menyajikan pantai sebagai satu-satunya destinasi bagi pengunjung yang datang.

“Bagi yang menyukai wisata petualangan bisa mencoba untuk datang ke Ngingrong,” kata dia, Minggu (10/7/2016).

Ia menjelaskan bahwa Gua Ngingrong sebagai wisata utama memberikan hal berbeda ketika berwisata, yakni kegiatan susur gua dan danau bawah tanah. Wisatawan dapat menikmati sensasi ekstrem ketika mencoba menyusuri Gua Ngingrong yang banyak memiliki ornamen stalagtit dan stalagmit yang unik.

Objek wisata yang dikatakan baru tersebut memang belum banyak terekspose di masyarakat, namun sebagai usaha untuk memperkenalkan lebih jauh kepada masyarakat, pokdarwis berencana menambah sejumlah kegiatan tambahan.

“Sekarang ini sudah ditambah flying fox, rencananya akan ada aktifitas climbing dari bibir atas gua Ngingrong sampai ke bawah,” kata Oki, sapaan akrabnya.

Sebagai objek wisata baru, Oki menyadari bahwa masih banyak hal yang harus dievaluasi, salah satunya yakni terkait dengan kenyamanan wisatawan yang datang. Sejumlah pengamanan seperti pagar dan peralatan aktifitas flying fox berencana akan ia tambahkan lagi.

Salah seorang pengunjung asal Jogja, Prapti mengatakan bahwa dia dan keluarganya tak sengaja berkunjung ke Ngingrong karena dinilai sebagai salah satu wisata yang cukup menarik perhatian.

Pantai memang menjadi tujuan utama wisata ia dan keluarganya, namun Gua Ngingrong menjadi alternatifnya untuk menikmati wisata alam di Gunungkidul.

“Tadi saat melintas kami melihat ada yang sedang flying fox, lalu kami berhenti untuk membuang rasa penasaran, ternyata cukup unik, sekalian menghabiskan hari libur terakhir bersama keluarga,” kata dia.

Prapti pun membenarkan bahwa masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pihak pengelola terkait dengan safety pengunjung. Ia sendiri pun memiliki keraguan untuk mencoba sejumlah aktifitas di Ngingrong.

“Perlu pakai pengaman khusus untuk turun ke gua di bawah sana, katanya sih bagus. Mesti dipermudah lagi aksesnya,” kata dia.

Gua Ngingrong ramai dikunjungi wisatawan saat Sabtu dan Minggu saja. Saat libur hari besar seperti saat ini cukup banyak pengunjung yang mampir karena Ngingrong pun berada di jalur wisata sejumlah pantai selatan. Untuk mencoba aktifitas flying fox pengunjung akan dikenakan biaya Rp15.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya