SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ratusan orang terlihat memadati kawasan Pantai Pulangsawal (Wisatawan sering menyebutnya Pantai Indrayanti), Kecamatan Tepus, saat libur lebaran lalu. Diprediksi, saat libur akhir tahun jumlah pengunjung di kawasan wisata di Gunungkidul melonjak hingga 200.000 orang. foto diambil Rabu (30/7/2014). (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Foto ilustrasi wisatawan di pantai (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Wisata Gunungkidul terus berkembang pesat. Kini untuk memudahkan pengunjung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunungkidul meluncurkan fitur aplikasi handphone bernama Cakrawala Budaya Dhaksinarga untuk pencarian potensi wisata dan kebudayaan Gunungkidul.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Harianjogja.com, WONOSARI-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunungkidul meluncurkan fitur aplikasi handphone bernama Cakrawala Budaya Dhaksinarga untuk pencarian potensi wisata dan kebudayaan Gunungkidul.

Salah satu penggagas aplikasi yang berbasis online ini, Hadi Risma mengatakan, aplikasi ini sudah bisa diunduh lewat play store sejak diluncurkan 26 Mei 2015 oleh Bupati Gunungkidul. Diharapkan, aplikasi ini dapat mempermudah wisatawan dalam pencarian potensi seni, tradisi dan kebudayaan. Pasalnya, terang Hadi, sebagian besar masyarakat mengenal Gunungkidul dari segi wisata alamnya saja. Padahal, Gunungkidul juga memiliki potensi budaya dan tradisi yang kaya.

Meski fitur ini baru dapat digunakan pada handphone android, belum dapat diunduh bagi handphone dengan sistem operasi blackberry dan windows phone, beberapa lokasi wisata bisa diakses dengan fitur ini berdasarkan ‘daerah’, dan ‘kategori’. Nantinya, potensi yang bisa diakses antara lain cagar budaya, seni dan adat istiadat, serta geoheritage hingga makanan khas.

Aplikasi yang sudah merangkum sekitar 150 objek wisata di Gunungkidul ini, sudah memiliki 187 pengguna, yang akan terus bertambah. Fitur bersifat dinamis, data potensi wisata akan terus berkembang setiap waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya