SOLOPOS.COM - Antrean masuk ke Gua Pindul tidak padat, Selasa (12/7/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Gunungkidul pada libur lebaran kali ini tidak seramai sebelumnya

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Libur lebaran ternyata tidak sesuai dengan harapan. jumlah pengjung di Gua Pindul menurun drastis dibandingkan yang ada di tahun lalu, sehingga membuat pendapatan pengelola berkurang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebaran tahun ini mungkin jadi yang paling sepi di obyek wisata Gua Pindul, Desa Bejiharjo, Karangmojo. Bagaimana tidak, sejak jauh-jauh hari, baik pengelola maupun warga yang menjadi joki atau pekerja jasa antar susur gua sudah membayangkan membludaknya wisatawan saat libur lebaran.

Namun harapan itu tinggal menjadi mimpi karena tidak pernah menjadi kenyataan. Sebab hingga memasuki H+6 lebaran, kondisi di obyek susur gua ini ramai lancar. Tak ada kemacetan atau berjubelnya pengunjung yang rela mengatre berjam-jam hanya untuk masuk ke dalam gua sepanjang 300 meter itu.

Setiap pengunjung yang datang langsung bisa dilayani oleh operator. Setelah melakukan registrasi dan pemakaian perlengakap penyusuran selesai digunakan, para tamu langsung diantar oleh petugas jasa antar untuk menyusuri keindahan dan keelokan Gua Pindul.

Sepinya tingkat kunjungan ke Gua Pindul diakui oleh Koordinator Lapangan Tunas Wisata Suharyanto. Menurut dia, libur lebaran tahun ini diluar perkiraan semua pihak, karena ada penurunan hingga 40% dibandingkan dengan jumlah pengunjung pada lebaran tahun lalu.

Penurunan jumlah kunjungan sudah terlihat sejak memasuki H+2 lebaran, saat tambahan wisatawan tidak begitu signifikan. Sebab kondisinya hanya seperti libur akhir pekan. Sedangkan di 2015 lalu, dalam periode yang sama, kunjungan sudah membludak sehingga pengelola melakukan penghentian sementara pelayanan pendaftaran masuk ke gua.

“Selama lebaran, setiap harinya bisa dapat 700 pengunjung sudah baik,” kata Suharyanto, Selasa (12/7/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya