SOLOPOS.COM - Gua Jomblang-detikTravel

Wisata Gunungkidul di sejumlah objek akan dirancang menjadi wisata terbatas

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul sedianya akan menjadikan sejumlah objek wisata sebagai objek wisata terbatas. Agar kawasan wisata semakin memiliki konsep dan segmen wisatawan yang lebih jelas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Gunungkidul, Syarief Armunanto menjelaskan bahwa hal tersebut masih dikaji lebih jauh oleh Pemkab, rencana ini bertujuan agar tidak semua objek wisata di Gunungkidul bersifat massal.

“Bukan membatasi jumlah kunjungan, tetapi ada aturan jumlah tertentu ketika wisatawan memasuki objek wisata tersebut. Supaya lingkungan objek lebih terjaga,” ujarnya, baru-baru ini.

Dijumpai terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono mengungkapkan bahwa tujuan membuat segmentasi dan aturan jumlah pengunjung dalam sekali kunjung, bisa menjadi cara menjaga ekosistem lingkungan.

Namun pembatasan ini menurutnya, membutuhkan komitmen semua pihak, sehingga perlu berkoordinasi lintas sektoral untuk mengkaji lokasi dimana saja yang akan dijadikan kawasan eksklusif.

“Tentunya masih perlu dikaji, objek wisata mana saja yang akan diterapkan konsep itu, karena tentunya tidak semua objek wisata. Saat ini, misalnya seperti Gua Jomblang, ada segmentasi wisatawan tertentu,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya