SOLOPOS.COM - Wisata Gunungkidul berupa Gua Pindul belum menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung pada H+1 Lebaran 2016. (Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Gunungkidul mengalami penurunan pengunjung.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Tingkat kunjungan wisatawan ke Gunungkidul mengalami penurunan dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Kondisi itu dapat dilihat dari masih lancarnya arus kendaraan menuju objek wisata, khususnya di kawasan pantai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudataan dan Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono tidak menampik adanya penurunan jumlah kunjungan. Dia mencontohkan, pada H+1 lebaran (Kamis, 7/7/2016) kunjungan wisatawan mencapai sekitar 35.000 pengunjung. Jumlah ini mengalami penurunan sekitar 10.000 pengunjung bila dibandingkan dengan periode sama di tahun sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tahun lalu di hari yang sama pengunjungnya bisa tembus sebanyak 45.000 orang, tapi untuk kemarin [Kamis, 7/7/2016] jumlahnya masih jauh di bawahnya,” ungkap Hary.

Disinggung mengenai tingkat kunjungan di H+2 lebaran, Hary mengakui ada peningkatan. Namun jumlah pastinya ia belum bisa mengungkapkan karena proses penarikan masih berjalan.

“Kondisinya hari ini [kemarin] agak lebih baik. Tapi untuk jumlahnya baru bisa diketahui sekitar pukul 19.00 WIB,” ujarnya.

Adanya penurunan tingkat kunjungan ke sejumlah objek wisata di Gunungkidul, Hary mengaku tidak tahu persis apa penyebabnya. Namun ia menduga, penurunan terjadi karena beberapa faktor seperti libur setelah lebaran yang relatif lebih pendek hingga masalah kemacetan saat mudik membuat warga mengurungkan niatnya untuk berwisata.

“Mungkin mereka capek, jadi waktunya banyak digunakan untuk beristirahat dan saat balik kondisinya bisa lebih segar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya