SOLOPOS.COM - Seekor ikan paus hitam muncul di permukaan dekat Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari, Minggu (11/9) (istimewa/SAR Satlinmas)

Wisata Gunungkidul, paus terlihat muncul di Pantai Selatan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Sejumlah ikan mamalia berukuran besar jenis paus hitam, akhir-akhir ini banyak muncul di sekitar Pantai Selatan Gunungkidul. Pada saat musim kawin seperti ini ada puluhan ekor paus yang muncul di permukaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : WISATA GUNUNGKIDUL : Musim Kawin, Paus Banyak Muncul di Permukaan

Koordinator Wilayah II, Search And Rescue (SAR) Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) Gunungkidul, Marjono menuturkan kemunculan paus ini tidak membahayakan baik bagi nelayan ataupun bagi wisatawan. Hanya saja biasanya para nelayan yang menggunakan jaring saat mencari ikan, ada yang mengalami kerusakan akibat tersambar paus.

“Tidak masalah selama ini belum ada kasus nelayan yang terkena serangan paus. Tangkapan ikan juga tidak terpengaruh, hasil tangkapan masih seperti biasa,” jelas Marjono, Senin (11/9/2017).

Sementara itu bagi para wisatawan, meskipun ikan raksasa tersebut terlihat mendekati bibir pantai namun tak membahayakan.

“Tidak apa-apa, malah itu jadi pemandangan langka bagi wisatawan yang bisa melihat paus,” jelasnya.

Salah seorang buruh penarik gondola di Pantai Timang, Kecamatan Tepus, Sudaslan mengatakan beberapa pekan terakhir kemunculan paus juga terlihat di Pantai Timang. “Biasanya kami bersiul saat paus mulai terlihat, biar mereka [ikan paus] muncul lagi,” katanya.

Setiap kemunculan ikan langka itu di permukaan, menjadi daya tarik tersendiri. Para wisatawan yang datang biasanya suka melihat kemunculan hewan menyusui itu sambil memotretnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya