SOLOPOS.COM - Salah seorang pengunjung sedang melihat-lihat di kawasan Pantai Srakung, Desa Pucung, Girisubo. (Foto Dokumen Pemdes Pucung)

Wisata Gunungkidul di Pantai Srakung belum banyak diketahui warga

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pengembangan destinasi wisata masih menjadi primadona bagi Pemerintah Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga terlihat dari upaya Pemdes Pucung, Girisubo untuk mengenalkan Pantai Srakung kepada wisatawan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Desa Pucung Bambang Untoro mengatakan, keberadaan Pantai Srakung belum banyak dikenal publik. Letaknya yang terpencil membuat pengunjung urung datang ke lokasi ini. Namun demikian, sejak tahun lalu sudah membuat akses jalan menuju pantai dengan menggunakan dana desa.

“Untuk sekarang, jalannya sudah kami cor blok sehingga aksesnya lebih mudah untuk menuju ke Pantai Srakung,” kata Bambang kepada Harianjogja.com, Selasa (7/2).

Menurut dia, upaya pembenahan terus dilakukan akses menuju ke pantai terus dilakukan.  Setelah melakukan perbaikan akses jalan, di tahun ini desa telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan gapura dan papan nama destinasi wisata tersebut.

Bambang pun berharap dengan berbagai upaya ini maka keberadaan Pantai Srakung bisa dikenal lebih luas lagi. Jika hal tersebut bisa dilakukan maka ia menyakini upaya untuk menyejahterakan masyarakat dapat terwujudkan.

“Sampai saat ini warga masih mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian. Namun dengan upaya mengenalkan pariwisata diharapkan bisa memacu warga untuk memanfaatkan keberadaan destninasi itu untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Bambang, secara karakteristik keberadaan Pantai Srakung seperti Wediombo atau sejumlah pantai lainnya di Gunungkidul. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam lengkap dengan keberadaan pasir putih di sepanjang pantai.

“Untuk saat ini masih sepi, tapi dengan beberapa pembenahan infrastrukur diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan,” papar dia.

Menurut Bambang, potensi di Desa Pucung tidak hanya pada Pantai Srakung. Sebab sejumlah potensi lainnya masih dimiliki seperti kawasan pemancingan di Lembah Menyer, Petilasan Njenu hingga keberadaan lembah sungai Bengawan Solo Purba.

“Untuk pengembangan kita lakukan satu-satu karena keterbatasan dana yang dimiliki,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya