SOLOPOS.COM - Seekor ikan paus hitam muncul di permukaan dekat Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari, Minggu (11/9) (istimewa/SAR Satlinmas)

Wisata Gunungkidul, paus terlihat muncul di Pantai Selatan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Sejumlah ikan mamalia berukuran besar jenis paus hitam, akhir-akhir ini banyak muncul di sekitar Pantai Selatan Gunungkidul. Pada saat musim kawin seperti ini ada puluhan ekor paus yang muncul di permukaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Wilayah II, Search And Rescue (SAR) Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) Gunungkidul, Marjono mengatakan beberapa pekan terakhir banyak paus muncul di permukaan laut. Kemunculan ikan raksasa tersebut terakhir terlihat di Pantai Nguyahan dan Pantai Ngrenehan, Kecamatan Saptosari.

“Saat ini memang musim kawin. Biasanya memang banyak paus yang terlihat di permukaan saat musim kawin seperti ini. Kemarin terlihat di Pantai Nguyahan dan Ngrenehan, kalau pekan lalu terlihat di Pantai Indrayanti,” kata dia, Senin (11/9/2017).

Marjoko menuturkan puluhan ikan yang bernafas menggunakan paru-paru itu muncul di permukaan untuk menghirup oksigen. Karena musim kawin, banyak di antara ikan paus yang berenang saling berkejaran hingga mendekati bibir pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya