SOLOPOS.COM - Sejumlah pemandu saat mengatur wisatawan yang akan menyusuri Gua Pindul, Sabtu (2/1/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Gunungkidul pada libur Hari Paskah, Gua Pindul dikunjungi 15.000 orang per hari

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Sebanyak 15.000 pengunjung per hari mengunjungi objek wisata Gua Pindul, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama liburan Paskah 2016.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Koordinator Petugas Tempat Penarikan Retribusi I Gua Pindul Rudi Susanto di Gunungkidul, Minggu (26/3/2016), mengatakan bahwa pada masa libur Paskah tahun ini terjadi lonjakan jumlah pengunjung lima sampai sembilan kali lipat jika dibandingakan dengan kunjungan pada hari biasa.

“Hal ini dapat kita lihat dari jumlah pemasukan. Pada hari Sabtu [26/3/2016], kami berhasil mendapatkan pemasukan sebanyak Rp9,2 juta atau 9.220 wisatawan,” kata Rudi.

Menurut dia, jumlah tersebut merupakan jumlah wisatawan yang melalui TPR I Gua Pindul, sedangkan dalam objek wisata Gua Pindul sendiri masih terdapat sejumlah TPR, seperti di Ngawis dan Karangtengah.

“Kalau ditotal, setiap harinya bisa mencapai 15.000 wisatawan, sedangkan pada hari biasa sekitar 3.000 wisatawan,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Ia memprediksi puncak perayaan liburan panjang terjadi pada hari Sabtu (26/3/2016). Meskipun begitu, pihaknya yakin masih akan ada lonjakan wisatawan pada hari Minggu.

“Kalau yang hari ini mungkin akan lebih sedikit jika dibandingkan pada hari Sabtu kemarin,” katanya.

Rudi mengakui dengan banyaknya kunjungan wisatawan masih banyak yang melalui jalur bukan resmi. Untuk itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Pihaknya membuka loket dari 07.00 sampai dengan 16.00 WIB. “Kami terus melakukan koordinasi agar tidak ada kebocoran retribusi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya