SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wisata Gunungkidul belum semua tersambung aliran listrik.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL —  Manager PLN Rayon Wonosari Anang Kriswanto membenarkan belum semua pantai atau objek wisata di Gunungkidul teraliri listrik.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Tahun ini kata dia, PLN mengerjakan pembangunan jaringan listrik di Pantai Siung, Pok Tunggal dan Pantai Jogan di Gunungkidul lantaran sejumlah objek wisata tersebut belum tersentuh penerangan.

“Tahun depan kami ajukan pembangunan jaringan listrik di Pantai Gesing,” kata Anang Kriswanto, Selasa (22/11/2016)

Menurut Anang, PLN kesulitan menyediakan penerangan apabila di daerah tersebut tidak tersedia jaringan.

“Padahal biaya paling mahal itu pembangunan jaringan. Kalau ada jaringan, tinggal disambungkan ke rumah-rumah,” jelas dia.

(Baca Juga : WISATA GUNUNGKIDUL : Ups, Puluhan Objek Wisata Tak Teraliri Listrik)

Pembangunan jaringan selama ini harus diusulkan ke PLN wilayah Semarang yang dinamakan program Lisdes atau Listrik Pedesaan. Syarat diadakannya pembangunan jaringan harus ada usulan dari masyarakat setempat yang diajukan oleh pemerintah desa.

“Kalau kami membangun jaringan listrik artinya harus ada potensi permukiman di sana yang mengajukan pembangunan. Kalau kami membangun jaringan listrik tapi tidak ada potensi kan untuk apa,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah desa di wilayah yang belum memiliki akses listrik mengajukan pembangunan jaringan listrik  ke PLN agar masalah kebutuhan dasar masyarakat tersebut segera terselesaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya