SOLOPOS.COM - Kondisi di area halaman kios di Pantai Nguyahan yang masih alami. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Gunungkidul di Pantai Nguyahan perlu diperbaiki

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kelompok Sadar Wisata di Pantai Nguyahan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari berharap bantuan pemerintah kabupaten untuk membantu pengembangan obyek wisata di kawasan tersebut.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Bentuk dukungan bisa dilakukan dengan cara memerbaiki sarana prasarana yang ada, misalnya pembangunan halaman kios yang saat ini masih belum rata.

Ketua Pokdarwis Pantai Nguyahan Sukiman mengatakan, pasca-penataan kawasan yang dilakukan di 2015 lalu, geliat kepariwisataan menunjukan tren peningkatan. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan yang terus mengalami peningkatan.

Sayangnya peningkatan itu belum sepenuhnya didukung dengan sarana prasarana pendukung. Sukiman mencontohkan, untuk halaman kios belum memnuhi standar karena kondisinya masih berupa tanah liat dengan kontur yang tidak rata.

Ia pun berharap agar kondisi tersebut bisa diperbaiki, karena hal tersebut untuk mendukung pengemabngan wisata yang lebih baik lagi.

“Konsep yang diberikan oleh pihak kecamatan [Saptosari] sangat bagus. Hanya saja, masih ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki,” kata Sukiman kepada Harianjogja.com, Kamis (14/7/201).

Dia menjelaskan, untuk pembenahan tersebut, anggota pokdarwis yang berjumlah 42 pedagang itu sering melakukan kerja bakti sendiri. Proses pemerataan halaman kios juga dilakukan mandiri, dengan jalan mengadakan iuran antar anggota.

“Total kami sudah iuran untuk membeli pasir uruk sebanyak 18 truk. Namun jumlah itu belum apa-apa karena lokasi halaman yang sangat luas,” ujarnya.

Sukiman menambahkan, kondisi halaman yang tidak rata ini membuat area parkir kendaraan jadi sulit, terutama untuk kendaraan jenis bus.

Oleh karenanya, ia meminta partisipasi dari pemkab untuk membantu dalam proses penyempurnaan. “Kalau itu bisa dibangun, maka kawasan Pantai Nguyahan bisa lebih cantik lagi,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan oleh Tukijem, seorang pedagang yang menempati salah satu kios di Pantai Nguyahan. Menurutnya, proses penataan di kawasan pantai yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Saptosari sudah berjalan bagus.

Namun ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Setidaknya ia mencatatat dua hal yang harus diperhatikan. Pertama mengenai kehadiran pedagang baru di kawasan pantai yang dulunya digunakan berjualan oleh pedagang yang saat ini menempati kios yang dibangun pemerintah.

Sedang masalah kedua berkaitan dengan sarana prasaran pendukung yang harus diperbaiki lagi.

“Kalau kunjungan sudah baik, tapi dua masalah itu bisa memberikan dampak yang kurang baik. Selain keindahan kawasan jadi berkurang, keberadaan pedagang di kawasan sempadan juga berpotensi menimbulkan kecemburuan dengan pedagang lain, karena kami [pedagang yang menempati kios-kios] mau dipindah dari kawasan sempadan agar pantai lebih indah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya