SOLOPOS.COM - Penampilan Tricotado Band saat Sarapan Jazz, Rabu (18/1/2017) di Pantai Watu Kodok,Dusun Kelor Kidul, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Gunungkidul akan didukung dengan berbagai kegiatan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Obyek wisata Gunungkidul merupakan destinasi unggulan di DIY. Namun hal ini belum sejalan dengan lama tinggal wisatawan, karena kebanyakan masih sebatas kunjungan sehari langsung pulang atau menuju destinasi lain di luar daerah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk meningkatkan lama tinggal, Dinas Pariwisata berencana memperbanyak even sehingga menarik wisatawan untuk menginap di Gunungkidul.

“Keberhasilan menggelar konser spektra di Nglanggeran menjadi salah satu acuan kami untuk memberbanyak event yang dimiliki,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono kepada wartawan, Minggu (5/2/2017).

Menurut dia, event yang dimiliki masih kurang. Hal ini pun berdampak terhadap lama kunjungan di Gunungkidul. “Fokus menginap masih di seputaran Kota Joga. Mudah-mudan dengan upaya memperbanyak kegiatan kepariwisataan bisa memberikan manfaat,” tuturnya.

Untuk event sendiri, Hary mengaku sudah menyiapkan beberapa konsep dengan variasi segmen yang berbeda-beda, mulai dari kegiatan olahraga, budaya hingga kuliner. “Semua masih proses, namun yang bisa kami pastikan bahwa acara konser spektra akan terus diselenggarakan setiap tahunnya,” katanya.

Dia menambahkan, untuk pelaksanaan kegiatan ini, dinas tidak akan bekerja sendiri. Sebab untuk pelaksanaan maupun perencanaan akan menggadeng pihak lain, salah satunya Dinas Pariwisata DIY.

Sedang untuk lokasi menginap, ia mengakui bahwa fasilitas di Gunungkidul sudah memadai dan variasinya pun beragam mulai dari hotel hingga homestay sudah tersedia.

Hary mengatakan, untuk lokasi menginap cukup beragam, mulai dari penginapan hingga home stay saat ini sudah disediakan masyarakat dibeberapa lokasi desa wisata yang ada. Meski diakui di Gunungkidul belum ada lokasi wisata malam, namun wisatawan bisa menikmati kehidupan langsung dengan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya