Kategori: Sukoharjo

Wisata Gunung Pegat Sukoharjo Tambah Wahana Baru Sambut Libur Lebaran


Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sejumlah objek wisata alam di wilayah Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, terus bersolek. Pengelola menambah sejumlah wahana baru untuk menyambut musim liburan Lebaran nanti.

Kepala Desa (Kades) Karangasem, Kecamatan Bulu, Bambang Winarno mengatakan proses pembangunan sejumlah wahana baru di kawasan objek wisata Gunung Pegat Karangasem terus dikebut.

Beberapa wahana baru tengah proses pembagunan di antaranya kolam renang anak, trampolin, mini coaster, mandi bola dan lainnya. Selain penambahan wahana baru pengelola juga tengah memperbaiki sarana dan prasarana pendukung, seperti betonisasi jalan masuk Gunung Pegat, pavingisasi area bermainan anak dan lainnya.

Baca juga: Selamat! 1.370 UMKM Sukoharjo Terima Bantuan Subsidi Bunga Pinjaman Modal

"Proses pembangunan terus dikebut. Bahkan kolam renang anak dikerjakan malam harinya. Kita targetkan sebelum Lebaran semuanya sudah jadi," kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com pada Rabu (21/4/2021).

Berbagai pembenahan di kawasan wisata Gunung Pegat dilakukan dalam rangka menyambut libur Lebaran nanti. Kawasan wisata Gunung Pegat bisa menjadi alternatif bagi warga di wilayah Solo Raya saat mengisi hari libur Lebaran nanti.

Apalagi ada kebijakan larangan mudik Lebaran sehingga warga di Solo Raya bisa menikmati libur Hari Raya Idul Fitri dengan mengunjungi kawasan wisata alam Gunung Pegat.

Baca juga: Sempat Terpuruk, Pengrajin Gitar Desa Ngrombo Sukoharjo Bergairah Lagi

Pengelola tentu akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi pengunjung wisata Gunung Pegat. Di antaranya pengunjung wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan wajib mencuci tangan sebelum masuk ke kawasan Gunung Pegat.

Pengunjung akan disuguhkan dengan eksotisme keindahan alam saat berada di puncak Gunung Pegat. Dari puncak gunung ini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan alam lahan persawahan yang hijau hingga matahari terbit (sunrise) dari ufuk timur.

Suasana malam hari juga tak kalah eksotis. Suhu yang tidak begitu dingin dan dari puncak bisa melihat gemerlapnya lampu-lampu di Tawangmangu, Wonogiri dan Sukoharjo.

Baca juga: Kendaraan Luar Daerah Masuk Sukoharjo Mulai Disekat di Kartasura, Langsung Dites Antigen

Pesona keindahan pemandangan tersebut begitu luar biasa. "Kita juga bangun gazebo-gazebo," katanya.

Masuk ke kawasan objek wisata Gunung Pegat cukup murah meriah. Pengunjung hanya ditarik tiket masuk Rp2.000 per orang plus parkir kendaraan untuk sepeda motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Sementara untuk kolam renang anak, pengelola akan menarik tiket masuk senilai Rp5.000 per orang.

Saat ini, Bambang mengatakan rata-rata pada hari biasa pengunjung yang datang sekitar 20-an orang. Namun saat weekend atau hari libur jumlahnya mencapai 100 orang.

Baca juga: 9 Siswa SMPN 1 Kartasura Sukoharjo Tak Bisa Ikuti PTM Gegara Naik Transportasi Umum

Senada, pengelola objek wisata alam Gunung Sepikul di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Agung Wibowo, juga menyatakan siap menyambut pengunjung saat musim libur Lebaran. Objek wisata Gunung Sepikul melakukan pembenahan sarana dan prasarana pendukung seperti akses masuk area Gunung Sepikul.

"Kami tetap akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi pengunjung yang datang ke Gunung Sepikul. Pengunjung wajib memakai masker tak tidak berkerumun," katanya.

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati