SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Pembangunan Embung Giriroto di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, yang ditarget rampung akhir tahun ini, telah memasuki tahap akhir. Gambaran sebagai embung pariwisata pun mulai terlihat.

Jika dibandingkan dengan embung sejenis di Boyolali, seperti embung di Desa Tawengan, Kecamatan Sambi, Embung Giriroto tampak lebih megah. Tulisan berwarna kuning keemasan berada di pintu masuk kawasan embung tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pagar pembatas tak hanya dibuat dengan besi yang melingkarinya, namun juga pagar semen yang dimodel seperti pagar rumah.

Talut embung seluas 1,3 hektare itu juga dibuat berundak-undak. Tujuannya, agar wisatawan yang datang bisa menikmati air dari jarak yang lebih dekat. Masyarakat yang datang bisa memanfaatkan talut layaknya tribun penonton di stadion sepak bola.

Masih di kompleks yang sama, sebuah bangunan rumah rampung dikerjakan. Rumah tersebut nantinya akan difungsikan sebagai pusat kegiatan pariwisata. Akan ada perpustakaan mini dan ruang sekretariat pariwisata.

Kepala Desa Giriroto, Purwanto, menambahkan selain untuk pertanian, embung dibuat multifungsi dengan berbagai tanaman dan bumi perkemahan. “Tanaman itu nantinya sebagai wahana edukasi pertanian,” kata dia, baru-baru ini.

Untuk merespons kunjungan dari luar wilayah, Purwanto akan menggerakkan perempuan-perempuan desa lewat usaha kuliner yang bakal ditempatkan di area embung. Usaha kuliner itu akan menjual aneka makanan terutama makanan tradisional seperti pecel dan soto.

Dengan begitu, imbuh Purwanto, lengkap sudah embung sebagai pusat pariwisata desa. Purwanto berharap, menggerakkan seluruh masyarakat bisa membuat embung menjadi potensi milik bersama. Bukan hanya pemerintah desa yang diuntungkan, tetapi warga sekitar juga merasakan dampaknya, terutama secara ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya