SOLOPOS.COM - Suasana TPR Pantai Parangtritis pada Sabtu (31/12/2016) malam. (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)

Puncak wisatawan di kawasan Bantul diprediksi mulai tanggal 28 atau 29 Desember jelang tahun baru

Harianjogja.com, BANTUL–-Puncak wisatawan di kawasan Bantul diprediksi mulai tanggal 28 atau 29 Desember jelang tahun baru. Rekayasa jalan dan penerjunan personil disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala dinas perhubungan (Dishub), Bantul Aris Suharyanta mengatakan akhir tahun menjadi puncak wisatawan berkunjung. “Untuk saat ini menjelang Natal volume kendaraan sudah mulai meningkat, namun belum begitu signifikan. Nanti menjelang tanggal 28 atau 29 Desember biasanya mulai puncak kemacetan,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa rekaya lalu lintaspun dikatakan oleh Aris telah disiapkan dalam rangka mencegah kemacetan. Terutama difokuskan pada titik-titik rawan kemacetan seperti jalan Wates, Jalan Wonosari, Jalan Parangtritis (Simpang empat Bakulan, Manding, Tembi dan Druwo), Jalan Bantul, Jalan Imogiri Timur (Simpang empat Gondowulung antara Mako Brimob dan terminal Giwangan) dan juga jalan Srandakan (Pasar Mangiran).

Petugas keselamatanpun mengatakan telah siap menyambut wisatawan, seperti yang dikatakan Sekretaris SAR Pantai Parangtritis, Taufik Faqih Usman bahwa semua personil telah siap.

“Kita akan lakukan seperti SOP yang ada, mulai dari rambu, pengeras suara. Kita juga akan intensifkan patroli,” ujarnya.

Setidaknya akan ada 62 personil yang akan dibagi menjadi beberapa shift disiapkan untuk memantau kawasan wisata Pantai Parangtritis. Dirinya juga mengatakan telah ada kordinasi dengan instansi terkait, dan akan dibagi sesuai kekuatan masing-masing untuk menempati lokasi.

Pantauan ombak sendiri dirasa masih landai seperti biasa dengan ketinggian 1-2 meter. Upaya-upaya yang dilakukanpun lebih pada upaya pencegahan agar tidak ada korban jiwa. Saat ini sendiri wisatawan sudah mulai ada peningkatan, namun diprediksi puncaknya saat akan mendekati malam tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya