SOLOPOS.COM - Wisata Alam Bukit Mertelu di Kabupaten Purbalingga (Instagram/@purbalinggakerenn)

Solopos.com, PURBALINGGA — Bukit Mertelu adalah salah satu destinasi wisata alam dan juga bagian dari desa wisata di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Bukit ini tepatnya berlokasi di Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet yang terletak di ujung barat berbatasan dengan Desa Serang, Kecamatan Karangreja.

Dilansir dari purbalinggakab.go.id, Rabu (6/4/2022), objek wisata Bukit Mertelu berada pada ketinggian 900-an meter di atas permukaan laut (mdpl). Konturnya yang berupa perbukitan membuat suhu udara di sekitarnya terasa sejuk dan segar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bukit Mertelu merupakan puncak perbukitan di antara bukit-bukit sekitarnya. Saat berada di puncak bukit ini, penunjung bisa menikmati panorama Kabupaten Purbalingga dari atas. Penamaan ‘Mertelu’ pada bukit di Purbalingga ini didasari tiga areal perbukitan yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu objek wisata alam ini dinamakan ‘Mertelu’ yang berasal dari kata telu yang dalam Bahasa Jawa berarti tiga.

Baca juga: Banyumas Juga Dikenal Sundanya Jawa Tengah Hlo, Ini Sejarahnya

Secara arti keseluruhan, Bukit Mertelu ini adalah bukit ketiga dari bukit-bukit di sekitarnya. Areal perbukitan ini masih dalam satu kawasan dengan kawasan Perhutani yang dikelola oleh sekelompok warga masyarakat desa yang peduli dengan potensi wisata dari bukit tersebut.

Sekelompok warga tersebut bekerja sama dengan pihak Perhutani hingga akhirnya terbentuk kemitraan. Hasil kerja sama tersebut berupa pembagian keuntungan dari penjualan tiket sebesar 60% untuk warga desa, dan 40% untuk pihak Perhutani.

Perjalanan menuju ke destinasi wisata alam Bukit Mertelu di Purbalingga diawali dengan rute jalan kabupaten menuju arah Serang dari arah selatan (Kecamatan Mrebet). Kemudian dari Desa Sangkanayu menuju Serang akan menemukan sebuah papan yang menujukan arah Bukit Mertelu. Sesampainya di areal parkir, pengunjung masih harus naik ke atas bukit kurang lebih 1,5 km.

Baca juga: Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Tempat Cemceman Popok Terbesar di Jawa?

Puncak bukit ini merupakan spot terbaik menikmati pemandangan gagahnya Gunung Slamet.  Di puncak bukit tersebut pengunjung dapat menikmati hamparan bukit dan dataran rendah yang sungguh menawan.

Harga tiket masuk objek wisata alam di Purbalingga ini Rp5.000 per orang. Dengan harga murah, pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan panorama Kabupaten Purbalingga dari atas bukit.

Selain itu, disediakan pula spot-spot untuk berswafoto yang menarik, salah satunya adalah ayunan yang menyuguhkan latar berupa pemandangan asri dari Bukit Mertelu. Sedangkan untuk jam operasional Bukit Mertelu ini mulai dari jam 04.00 hingga 16800 WIB.

Dengan jam operasional tersebut, pengunjung juga bisa berburu pemandangan sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam) yang indah dan memukau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya