SOLOPOS.COM - Perajin membuat peranti dapur berbahan batu andesit di Tulungagung, Jumat (6/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Wisata Bojonegoro yakni festival gerabah akan digelar pada Mei mendatang.

Madiunpos.com, BOJONEGORO – Agenda wisata di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada Mei mendatang akan dimeriahkan dengan penyelenggaraan festival gerabah. Acara yang digagas para pengrajin di Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Bojonegoro, itu sebagai usaha menjadikan desa setempat sebagai lokasi objek wisata edukasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Pengembangan Budaya dan Pelestarian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Suyanto, Kamis (31/3/2016), menjelaskan festival gerabah yang akan digelar para pengrajin yaitu membuat cobek secara bersama, dengan target sepanjang 1,5 kilometer.

Ekspedisi Mudik 2024

Pembuatan cobek, menurut dia, akan dilakukan sekitar 140 pengrajin gerabah di sepanjang jalan di desa setempat. “Pembuatan cobek akan dilakukan secara bersama,” ucap staf ahli Disbudpar setempat Wahyu Setiawan.

Selain itu, lanjut dia, di acara festival gerabah juga dibuat gentong besar dengan diameter sekitar 2 meter. Secara bersamaan, juga digelar lomba mewarnai gerabah modern berupa tokoh-tokoh film kartun, antara lain Doraemon, Spongebob, Patrick, Masha, juga boneka yang lainnya, yang akan diikuti siswa TK dan Raudhatul Athfal (RA).

“Targetnya lomba mewarna gerabah modern bisa diikuti 1.000 siswa TK, dan siswa RA. Waktu pelaksanaan festival masih dicari hari yang tepat, tapi sekitar Mei,” jelas dia.

Ia menjelaskan Disbudpar sangat mendukung pelaksanaan festival gerabah, karena bisa meningkatkan kunjungan wisawatan domestik dari kalangan pelajar datang ke desa setempat. Pelajar datang untuk wisata edukasi, baik hanya untuk mewarnai gerabah, maupun belajar membuat gerabah.

Seorang perajin gerbah modern di Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Bojonegoro Thalhah, mengatakan, perajin gerabah di desanya, mulai mengembangkan gerabah modern sejak Juni 2015.

“Pencipta gerabah modern seperti Doraemon, Spongebob, Patrick, Masha, juga boneka yang lainnya yaitu adik saya namanya Tabah, 30,” tutur dia. Tabah, katanya, tertarik mengembangkan berbagai aneka produk gerabah modern tokoh film kartun, karena terinspirasi film kartun di TV.

“Berangkat dari melihat banyak tokoh film kartun yang disukai anak-anak, kemudian muncul ide membuat boneka tokoh film kartun,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya