Tutup Iklan

WISATA BANJARNEGARA : Jelang Liburan, Homestay di Dieng Mulai Dipesan

WISATA BANJARNEGARA : Jelang Liburan, Homestay di Dieng Mulai Dipesan

SOLOPOS.COM - Kawasan Dieng (ilustrasi/JIBI/dok)

Wisata Banjarnegara tampaknya akan ramai menjelang liburan sekolah dan Lebaran tahun ini.

Solopos.com, BANJARNEGARA-Puluhan homestay di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng khususnya Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mulai dipesan wisatawan jelang liburan sekolah dan lebaran.

"Di Dieng Kulon ada 85 'homestay' yang secara keseluruhan menyediakan sekitar 300 kamar, sedangkan yang sudah dipesan wisatawan sekitar 25-50 persen," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa Alif Faozi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Senin.

Akan tetapi, kata dia, pemesanan homestay tertinggi justru untuk kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) 2015 yang digelar pada 31 Juli hingga 2 Agustus.

Dalam hal ini, lanjut dia, sekitar 90 persen homestay di Desa Dieng Kulon telah dipesan wisatawan yang akan mengunjungi kegiatan tahunan tersebut.

Kendati demikian, dia mengatakan wisatawan yang akan menyaksikan kegiatan DCF 2015 tidak perlu khawatir karena di sekitar KWDT Dieng tersedia ratusan "homestay" yang tersebar di sejumlah desa, baik yang masuk wilayah Banjarnegara maupun Wonosobo.

"Kami juga menyarankan warga yang rumahnya belum dijadikan homestay untuk berbenah sehingga bisa digunakan wisatawan seperti tahun lalu," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa ritual pemotongan rambut gimbal tetap menjadi unggulan dalam DCF 2015.

Menurut dia, hingga saat ini sudah ada lima keluarga anak berambut gimbal yang ingin mengikuti acara tersebut.

"Akan tetapi seperti tujuan kami, kegiatan tersebut bersifat sosial sehingga kami akan menyeleksi peserta ruwatan rambut gimbal itu agar benar-benar anak dari keluarga tidak mampu," katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan Pokdarwis Dieng Pandawa menggelar kegiatan pada masa libur lebaran, Alif mengatakan bahwa pihaknya sengaja tidak menggelar kegiatan di KWDT Dieng pada masa-masa liburan yang sudah dipastikan banyak wisatawan yang datang.

Oleh karena itu, kata dia, Pokdarwis Dieng Pandawa menggelar kegiatan di luar musim liburan sehingga akan tetap banyak wisatawan yang mendatangi KWDT Dieng.

Berita Terkait

Berita Terkini

KA Nusa Tembini Susuri Rute Jogja - Cilacap, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

PT Kereta Api Indonesia akan meluncurkan kereta api baru KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta pergi pulang (PP) pada 2 Juli 2021 mendatang.

Kronologi Penemuan Kerangka Mayat di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Warga menemukan kerangka mayat di hutan Gunung Pegat di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021), saat mencari ranting.

Ini Identitas Kerangka Mayat yang Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan di kawasan hutan Gunung Pegat tepatnya di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Yamaha Motor Punya Desain Klasik FZ-X Seharga Rp23 Juta

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan satu lagi varian klasik FZ-X berkpaitas mesin 150 cc seharga Rp23 juta untuk pangsa pasar India.

Gempar! Kerangka Mayat Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan warga di sekitar Gunung Pegat, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Prediksi Italia vs Wales: Tim Biru Tak Peduli Rekor, Wales Tak Mau Disepelekan

Wales tampaknya tak mau disepelekan dari Italia yang sudah menapak babak 16 Besar sehingga pelatihnya tergoda menurunkan unit keduanya.

Klaster Hajatan Belum Rampung, Sudah Muncul Klaster Baru di Madiun

Belum selesai penanganan klaster Covid-19 hajatan di Dukuh Bulurejo, Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, kini muncul klaster baru di Kabupaten Madiun, yakni di Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan.

Grobogan Perketat Mobilisasi Warga, Penyekatan Digalakkan

Satgas Covid-19 Kabupaten Grobogan memperketat mobilisasi warga dengan operasi penyekatan dan penyemprotan disinfektan di area publik.  

Mengenal Gama Ayam Buatan UGM: Gurih Mirip Ayam Kampung, Bobot 1,5 Kg dalam 7 Pekan

Keunggulan Gama Ayam dibandingkan ayam buras yang sekarang banyak beredar adalah rasanya yang gurih menyerupai rasa ayam kampung.

Kabar Duka Aktivis Sekolah Sungai Klaten Tutup Usia

Aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 40, tutup usia, Minggu (20/6/2021). Dia dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap kelestarian sungai.

Kasus Covid-19 Colomadu Tertinggi di Karanganyar

Kasus Covid-19 di Kecamatan Colomadu menjadi yang tertinggi di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

2 Pembunuh Anak Jalanan di Kudus Diringkus Polisi

Dua orang pelaku pembunuhan anak jalanan yang jasadnya ditemukan dalam kondisi membusuk di sebuah pekarangan di Kecamatan Mejobo diringkus.