WISATA BANJARNEGARA : Jelang Liburan, Homestay di Dieng Mulai Dipesan

WISATA BANJARNEGARA : Jelang Liburan, Homestay di Dieng Mulai Dipesan

SOLOPOS.COM - Kawasan Dieng (ilustrasi/JIBI/dok)

Wisata Banjarnegara tampaknya akan ramai menjelang liburan sekolah dan Lebaran tahun ini.

Solopos.com, BANJARNEGARA-Puluhan homestay di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng khususnya Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mulai dipesan wisatawan jelang liburan sekolah dan lebaran.

"Di Dieng Kulon ada 85 'homestay' yang secara keseluruhan menyediakan sekitar 300 kamar, sedangkan yang sudah dipesan wisatawan sekitar 25-50 persen," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa Alif Faozi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Senin.

Akan tetapi, kata dia, pemesanan homestay tertinggi justru untuk kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) 2015 yang digelar pada 31 Juli hingga 2 Agustus.

Dalam hal ini, lanjut dia, sekitar 90 persen homestay di Desa Dieng Kulon telah dipesan wisatawan yang akan mengunjungi kegiatan tahunan tersebut.

Kendati demikian, dia mengatakan wisatawan yang akan menyaksikan kegiatan DCF 2015 tidak perlu khawatir karena di sekitar KWDT Dieng tersedia ratusan "homestay" yang tersebar di sejumlah desa, baik yang masuk wilayah Banjarnegara maupun Wonosobo.

"Kami juga menyarankan warga yang rumahnya belum dijadikan homestay untuk berbenah sehingga bisa digunakan wisatawan seperti tahun lalu," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa ritual pemotongan rambut gimbal tetap menjadi unggulan dalam DCF 2015.

Menurut dia, hingga saat ini sudah ada lima keluarga anak berambut gimbal yang ingin mengikuti acara tersebut.

"Akan tetapi seperti tujuan kami, kegiatan tersebut bersifat sosial sehingga kami akan menyeleksi peserta ruwatan rambut gimbal itu agar benar-benar anak dari keluarga tidak mampu," katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan Pokdarwis Dieng Pandawa menggelar kegiatan pada masa libur lebaran, Alif mengatakan bahwa pihaknya sengaja tidak menggelar kegiatan di KWDT Dieng pada masa-masa liburan yang sudah dipastikan banyak wisatawan yang datang.

Oleh karena itu, kata dia, Pokdarwis Dieng Pandawa menggelar kegiatan di luar musim liburan sehingga akan tetap banyak wisatawan yang mendatangi KWDT Dieng.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balikĀ  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.