SOLOPOS.COM - Kawasan Dieng (ilustrasi/JIBI/dok)

Wisata Banjarnegara tampaknya akan ramai menjelang liburan sekolah dan Lebaran tahun ini.

Kanalsemarang.com, BANJARNEGARA-Puluhan homestay di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng khususnya Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mulai dipesan wisatawan jelang liburan sekolah dan lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Di Dieng Kulon ada 85 ‘homestay’ yang secara keseluruhan menyediakan sekitar 300 kamar, sedangkan yang sudah dipesan wisatawan sekitar 25-50 persen,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa Alif Faozi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Senin.

Akan tetapi, kata dia, pemesanan homestay tertinggi justru untuk kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) 2015 yang digelar pada 31 Juli hingga 2 Agustus.

Dalam hal ini, lanjut dia, sekitar 90 persen homestay di Desa Dieng Kulon telah dipesan wisatawan yang akan mengunjungi kegiatan tahunan tersebut.

Kendati demikian, dia mengatakan wisatawan yang akan menyaksikan kegiatan DCF 2015 tidak perlu khawatir karena di sekitar KWDT Dieng tersedia ratusan “homestay” yang tersebar di sejumlah desa, baik yang masuk wilayah Banjarnegara maupun Wonosobo.

“Kami juga menyarankan warga yang rumahnya belum dijadikan homestay untuk berbenah sehingga bisa digunakan wisatawan seperti tahun lalu,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa ritual pemotongan rambut gimbal tetap menjadi unggulan dalam DCF 2015.

Menurut dia, hingga saat ini sudah ada lima keluarga anak berambut gimbal yang ingin mengikuti acara tersebut.

“Akan tetapi seperti tujuan kami, kegiatan tersebut bersifat sosial sehingga kami akan menyeleksi peserta ruwatan rambut gimbal itu agar benar-benar anak dari keluarga tidak mampu,” katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan Pokdarwis Dieng Pandawa menggelar kegiatan pada masa libur lebaran, Alif mengatakan bahwa pihaknya sengaja tidak menggelar kegiatan di KWDT Dieng pada masa-masa liburan yang sudah dipastikan banyak wisatawan yang datang.

Oleh karena itu, kata dia, Pokdarwis Dieng Pandawa menggelar kegiatan di luar musim liburan sehingga akan tetap banyak wisatawan yang mendatangi KWDT Dieng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya