SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogja punya banyak potensi yang bisa dikembangkan sebagai alternatif wisata. Keunikan dan keindahan alam pedesaan, persawahan, serta melihat kehidupan keseharian masyarakat merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Mereka tertarik melihat sesuatu yang tidak pernah dilihat di negara asalnya.

Towil,Pelaku Wisata Altenartif di Jogjakarta,dalam Program Bincang Wisata yang disiarkan dari Kedai Narasa Sukowaten menyebutkan Potensi wisata alternatif yang di miliki DIY antara lain desa wisata, kampung wisata, lava tour dan juga wisata petualangan .Menurutnya,wisata alternatif harus dikelola dengan baik sebab mulai banyak diminati baik wisatawan domestik maupun mancanegara.WIsata alternatif ini bisa meningkatkan lama kunjungan wisatawan asing dan domestik di Jogjakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mencontohkan salah satu wisata alternatif yang tengah berkembang di wilayah Kecamatan Sentolo, Kulon Progo.Wisata yang menawarkan pengalaman melihat dan berbaur dengan “real living” masyarakat pedesaan itu dinikmati oleh wisatawan asing dari Eropa dan Amerika. Istimewanya lagi, mereka menelusuri keunikan-keunikan itu dengan mengendarai sepeda onthel.

Sementara itu, Krisna Mulawarman,Aktivis Komunitas Amazing Jogja menyebutkan Potensi wisata alternatif di Jogja yang sangat besar harus dikelola dengan benar. Pengelolaan berbasis komunitas dinilai menjadi cara terbaik untuk mengembangkan dunia baru kepariwisataan ini.Menurutnya, masyarakat setempat harus diberdayakan agar mampu membuat inovasi sebagai daya tarik pariwisata yang akan menarik wisatawan untuk datang dan meluangkan waktu ke obyek wisata alternatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya