SOLOPOS.COM - Panorama pegunungan dari Puncak Sikunir di Desa Sembungan, desa tertinggi di Jateng. (JIBI/Harian Jogja/Muhammad Nurbawa)

Kanalsemarang.com, WONOSOBO-Puncak Sikunir di Desa Sembungan, Dieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo kian menjadi objek wisata alam populer di Jawa Tengah.
Hampir setiap akhir pekan, banyak pengunjung datang ke ojek wisata alam ini. Mereka berasal dari berbagai daerah. Umumnya mereka tertarik karena ingin menikmati sensasi pemandangan alam nan indah di salah satu puncak di dataran tinggi Dieng.

“Saya menikmati pemandangan yang luar biasa dari sini [Sikunir]. Saya bisa melihat puncak Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Merapi dan Merbabu jika cuaca cerah,” ujar Muhammad Nurbawa, 22, mahasiswa saah satu PTS di Jogja ini, (12/8/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut pemuda asli Jatingaleh, Semarang ini, Sikunir sangat layak menjadi objek wisata alam yang lebih populer lagi asal dikelola dengan baik.

Asal, fasilitas penunjang wisata dilengkapi. Salah satu yang paling sederhana adalah, ketersediaan tempat sampah. “Sulitnya mencari tempat sampah menyebabkan banyak pengunjung membuang sampah sembarangan di puncak Sikunir. Sayang sekali, ini bisa mengganggu keindahan dan suasana asri di sana,” imbuhnya lagi.

Selain sampah, ia berharap pemerintah lebih memperhatikan akses jalan menuju lokasi. Akan lebih baik lagi jika jalan bisa lebih diperhalus agar semua pengunjung termasuk yang berusia tua dan anak anak bisa melaluinya.

Nurbawa juga berharap ada posko di jalan menuju Sikunir. Posko ini untuk tempat serbaguna. Ia mencontohkan, jika ada pengunjung sakit maka bisa dibawa ke posko dan diberi pertolongan. Atau bisa jug auntuk sekedar bersitrahat.

“Secara umum, dukungan masyarakat sudah bagus. Home stay sudah banyak, dengan harga terjangkau dengan fasilitas yang relatif lengkap,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan pula oleh, Rachel, 22. Mahasiswi asal Jogja  ini menilai Sikunir adalah objek wisata alam yang cocok untuk petualang atau pendaki gunung pemula.

Untuk menuju puncak Sikunir, pengunjung cukup berjalan kaki dari Desa Sembungan, Dieng, kecamatan Kejajar. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak sekitar 30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya