SOLOPOS.COM - Tangga menuju atas Tebing Breksi. Kawasan bekas penambangan ini menjadi destinasi wisata bernilai seni. (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Lokasi favorit wisatawan di Sleman saat long weekend ini masih berkisar pada kawasan wisata alam

Harianjogja.com, SLEMAN- Tingkat kunjungan wisatawan ke Sleman pada libur panjang pekan ini tak jauh berbeda dengan sebelumnya. Wisata alam dan permainan terbuka, masih menjadi lokasi favorit wisatawan.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Kabid Pemasaran Dispar Sleman Eka Priastana menjelaskan, lokasi favorit wisatawan di Sleman saat long weekend ini masih berkisar pada kawasan wisata alam. Mulai Tebing Breksi (termasuk Candi Ijo), Kawasan Kaliurang (Tlogo Putri dan lava tour, termasuk The Lost World Castle), dan Lava Bantal.

Lokasi lain, tentunya adalah mall seperti Ambarukmo Plaza, Transmart Maguwo, Jogja City Mall, dan Hartono Mall.

“Namun dibandingkan wisata belanja, wisata alam masih mendominasi tingkat kunjungan wisatawan pekan ini,” katanya kepada Harianjogja.com, Senin (24/4/2017).

Berbeda dengan long weekend pada pekan lalu, lanjut Eka, pekan ini jumlah kunjungan wisatawan meningkat seiring dengan adanya kegiatan akbar Mandiri Jogja Marathon di Prambanan. Kondisi tersebut, lanjutnya, memberikan efek positif bagi wisatawan yang berkunjung.

“Sejak Sabtu (22/4/2017) kamar-kamar di hotel-hotel full booked, kebanyakan peserta Mandiri Jogja Marathon di Prambanan. Ada sekitar 6.000 peserta dari dalam dan luar kota,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Harianjogja.com jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah lokasi seperti Jogja Bay Waterpark, Tebing Breksi dan Kaliurang maupun Kaliadem banyak dikunjungi wisatawan. Kunjungan silih berganti baik menggunakan kendaraan pribadi maupun bus-bus pariwisata (rombongan).

Assistant Manager Marketing Jogja Bay, Arya Dimas menjelaskan, jika dibandingkan jumlah pengunjung pada libur biasa dengan long weekend saat ini ada kenaikan sekitar 100% pengunjung per hari. “Jika pada libur normal sekitar 1.500 visitor, pekan ini jumlahnya naik rata-rata 3.000 visitor,” ujarnya.

Hal sama juga terlihat di lokasi wisata Tebing Breksi diperkirakan sekitar 5.000 pengunjung per hari. Begitu juga dengan Lava Bantal, sekitar 3.000 orang per hari. Adapun wisata Kaliadem, rata-rata kunjungan sebanyak 5.000 orang per hari.

“Keberadaan lokasi selfie. Selain patung naga dan relief wayang, di atas tebing juga ada tambahan daya tarik wisata. Yakni aladin love,” kata Ketua Pengelola Tebing Breksi, Kholiq Widiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya