SOLOPOS.COM - River Tubing di River Moon Kali Pusur Klaten. (Solopos.com/Dok)

Solopos.com, KLATEN -- Berbeda dengan lokasi wisata air di Klaten, River Moon Kali Pusur menyuguhkan destinasi yang memicu adrenalin pengunjung. Pasalnya, pengunjung bisa menyusuri (river tubing) Kali Pusur. Tak heran, destinasi wisata Klaten River Moon Kali Pusur ini banyak dikunjungi wisatawan.

Wisata River Moon Kali Pusur ini terletak di sebelah utara pusat Kota Klaten, tepatnya di Karanglo, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi wisata ini cukup mudah, hanya 30 menit saja dari pusat kota Klaten dengan mengendarai kendaraan bermotor.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hasil Liga Inggris Pekan Ke-29: MU Bungkam City, Liverpool Kipas-Kipas

Selain menyajikan wisata river tubing Kali Pusur, River Moon Kali Pusur juga menyediakan fasilitas outbound, camping, dan juga fun game. Tak ayal, salah satu wisata air di Klaten ini sangat cocok untuk destinasi wisata keluarga, sahabat, maupun sekolah.

Ekspedisi Mudik 2024

Berbagai fasilitas juga disediakan di River Moon Kali Pusur, yang terdiri dari gazebo, area outbound, kamar mandi, area camping, wahana skill game, catering, dan juga instrukstur andalan.

Sengketa Lahan Sriwedari Solo, Pemkot Vs Ahli Waris Sejak 1970

Harganya pun sangat terjangkau, untuk river tubing Kali Pusur sejauh 500 meter, pengunjung hanya membayar Rp15.000 per orang. Pengunjung akan mendapakan fasilitas keamanan berupa pelampung, helm, ban dan instruktur tubing.

Jika ingin menguji adrenalin lebih menantang, wisatawan bisa mencoba menyusuri Kali Pusur sejauh dua kilometer dengan tarif Rp40.000 per orang. Selain mendapat fasilitas keamanan, pengunjung yang mengambil paket dua kilometer ini akan mendapatkan air minum, snack, dan mobil jemput.

Wisata River Moon Kali Pusur Klaten
Fun Games di River Moon Klaten (Solopos.com/Jafar Sodiq Assegaf).

Paket Wisata

Namun, jika pengunjung juga ingin mencoba fasilitas outbound dan river tubing, pengunjung bisa memiih empat paket outbound sebagai berikut:

Innalilahi, Mantan Kapolsek Kebakkramat Karanganyar AKP Sutami Wafat

1. Outbound 1
Dengan mengambil paket Outbound 1, pengunung akan mendapatkan fun game, competition game, skill game, fun tubing, dan juga instruktur tubing serta konsumsi berupa snack+air mineral. Untuk paket Outbound 1 ini, pegunjung cukup membayar Rp50.000 per orang.

2. Outbound 2
Paket Outbound 2 ini terdiri dari fun game, competition gmae, skill game, instruktur outbound, fun tubing + instruktur tubing, snack dan air mineral, serta makan siang. Adapun biayanya adalah Rp70.000 per orang.

ABG Bunuh Bocah 6 Tahun, Pelaku Sering Gendong Korban Saat Bayi

3. Outbound 3
Paket Outbound 3 terdiri dari fun game, competition game, skill game, river tubing, snack & air mineral, instruktur outbond + instruktur tubing, serta makan siang. Adapun biayanya adalah Rp95.000 per orang.

4. Family Fun Day
Paket Family Fun Day ini terdiri dari fun game, competition game, skill game, fun tubing + instruktur tubing, makan siang ibu & anak, serta instruktur outbound.

Bagi para pengunjung yang ingin mengambil wisata camping di River Moon Kali Pusur, wisatawan cukup membayar Rp115.000 per orang dengan fasilitas tenda, makan tiga kali, outbound, fun tubing, dan instruktur tubing + outbound.

Kepemilikan Lahan Sriwedari Solo, Ini Pemilik Sah Menurut Dokumen Sejarah

Berdiri Sejak 2016

River Moon Kali Pusur didirikan oleh salah satu warga Polanharjo, Sarjono pada 2016 lalu. Seiring berjalannya waktu, wisata air di Klaten ini dikelola juga oleh sang anak, Prasetyo.

Awal mula membuka usaha ini, Prasetyo mengaku prihatin dengan kondisi Kali Pusur yang tidak dimanfaatkan dengan baik dan hanya dianggap kali biasa. Padahal, ia melihat potensi Kali Pusur sangat besar untuk destinasi wisata.

"Dulu saya buat ini karena dari 2015 lihat Kali Pusur tidak terawat dan dianggap kali biasa. Padahal potensinya luar biasa dan bagus karena mengalir dari Cokro. Dari 2015 pariwisata Ponggok, Cokro meningkat secara drastis. Kami juga ikut berpartispasi mengembangkan pariwisata di Polanharjo dalam bentuk outbound dan tubing," ungkapnya kepada Solopos.com di lokasi wisata River Moon Kali Pusur, Klaten, Minggu (8/3/2020).

Hari Ini Dalam Sejarah: 9 Maret 1769, Napoleon Bonaparte Menikah dengan Janda

Pertama berdiri, River Moon Kali Pusur hanya menyediakan fasilitas wisata river tubing jarak pendek, 300 meter dan outbound. Kemudian, sejak 2018 river tubing diperpanjang hingga dua kilometer. Semenjak itu, pengunjung River Moon Kali Pusur bisa mencapai 1.000 hingga 2.000 wisatawan per pekan yang berasal dari Solo, Klaten, Semarang, Jogja hingga mancanegara.

Keamanan Kali Pusur

Untuk keamanannya, wisatawan tak perlu khawatir. Prasetyo menegaskan wisata river tubing di Kali Pusur ini sangat aman karena sungai ini bukan sungai utama.

"Kali Pusur ini aman karena sungai ini bukan sungai utama. Di ujungnya ada cabangnya dan embungnya. Jadi kalaupun banjir enggak langsung gede cuma dikit-dikit, paling tinggi semeter enggak nyampe. Di sini kan ada banyak lahan untuk menepi sehingga mudah. Kalau pun naik [airnya] enggak langsung gede. Saya jelaskan sungai ini aman," pungkasnya.



Berdayakan Masyarakat Sekitar

Berdiri di lahan seluas tiga hektare, Prasetyo juga memberdayakan masyarakat sekitar untuk mengembangkan wisata Klaten ini, mulai dari jasa catering hingga instruktur river tubing.

Kecelakaan Bus Maut SMK Muhammadiyah 1 Gondangrejo 2 Korban Meninggal Terjepit

Bagi calon pengantin yang sedang mencari lokasi resepsi, River Moon Kali Pusur juga akan menyediakan fasilitas tersebut. Ketika Solopos.com berkunjung ke River Moon Kali Pusur, pengelola sedang membangun joglo yang digunakan sebagai lokasi resepsi dan pertemuan.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi River Moon Kali Pusur?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya