SOLOPOS.COM - Ilustrasi Windows XP (istimewa)

Solopos.com, NEW YORK Microsoft tengah mempersiapkan “pemakaman” sistem operasi Windows XP. Tanggal 8 April 2014 mendatang Microsoft akan memberhentikan dukungan dan menyisakan pengamanan berupa antivirus yang kompatibel saja.

Mashable, Rabu (29/1/2014), menyebut Microsoft diklaim akan teteap “membunuh” Windows XP pada April mendatang. Meski sempat menyatakan tetap mendukung XP, Microsoft menyebut dukungan hanya sebatas update antivirus saja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Microsoft berharap para pengguna XP untuk segera beralih ke Windows 7 atau Windows 8. Mircrosoft menargetkan pengguna XP pada April mendatang sudah turun hingga 13 persen.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat ini pengguna XP terbilang masih banyak yaitu 28 persen dari keseluruhan pengguna sistem operasi Windows.

Pemberitaan ini telah direspons dengan baik oleh pihak bank. Seperti diketahui jika XP berhenti didukung oleh Microsoft maka hampir dipastikan sebagian besar Anjungan Tunai Mandiri (ATM) akan diserang hacker. Hal ini lantaran 95 ATM di dunia masih menggunakan sistem operasi Windows XP.

Softpedia, Rabu (29/1/2014) melansir sejumlah bank akan melakukan transisi besar-besaran dari Windows XP ke sistem operasi yang lebih baru. Beberapa bank di Afrika nbahkan telah mempersiapkan diri untuk berpindah ke Windows 7 untuk mesin ATM sebelum April mendatang.

“Peluncuran (mesin upgrade) akan bertahap dan diperkirakan selesai pada 31 Maret 2014,” kata Preni Naidoo, eksekutif untuk self-service banking di Nedbank.

Pengamat teknologi dari NCCI Holding, Michael Spears, mengatakan akan ada ekspansi besar-besaran dari pengguna Windows XP ke Windows 9 pada 2015 mendatang. Hal ini menurutnya lebih masuk akal karena dua sistem operasi yaitu Windows 7 dan Windows 8.1 dinilai kurang menarik.

Windows 8.1 yang dikenal memiliki reputasi buruk sementara Windows 7 tidak cukup mutakhir dibanding Windows 9.  Kabarnya Windows 9 ini nantinya rilis di awal tahun 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya